Asumsi Luar Tak Bisa jadi Dakwaan

Kriminal  SELASA, 20 AGUSTUS 2019 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Asumsi Luar Tak Bisa jadi Dakwaan

Dedy Irawan/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pihak Pengadilan Negeri (PN) Baturaja, akhirnya angkat bicara mengenai putusan Majelis Hakim yang dinilai kontroversial, atas vonis bebas terdakwa oknum polisi Aiptu R yang terlibat kasus narkoba pada 15 Agustus lalu.

Ketua PN Baturaja melalui Humas, Dedy Irawan SH MH, juga juga Ketua Majelis Hakim atas perkara Aiptu R, menyebut bahwa seluruh fakta di persidangan, itulah yang menjadi pertimbangan hakim dalam menentukan nilai dari suatu putusan hakim yang mengandung keadilan dan kepastian hukum.

"Jadi seluruhnya sudah menjadi pertimbangan dalam putusan itu," kata Dedy, ditemui sejumlah wartawan di ruang Humas PN Baturaja.

Dibilang vonis tersebut kontroversial, Dedy bijak menjawab begini; bahwa Pengadilan itu memutus suatu perkara dengan apa yang bisa dibuktikan di Persidangan.

"Kalau diluar persidangan, itu tidak bisa dipertimbangkan. Apalagi hanya asumsi-asumsi diluar sana, itu tidak bisa dijadikan dakwaan. Jadi majelis sudah memutus sebagaimana apa yang menjadi fakta di persidangan. Seperti itu," jelas Dedy.

Saat ini, perkara tersebut dalam proses kesiapan untuk kasasi di Mahkamah Agung (MA). Kata Dedy, kmungkinan dalam seminggu kedepan berkasnya sudah dikirim.

"Kita siap menghadapi proses Kasasi. Teknisnya di Kepaniteraan. Sudah siap dan bagus. Tinggal nanti memori Kasasi dan kontra memori kasasi. Setelah pemberkasan siap, baru dikirim ke Mahmakah Agung," paparnya.

Mengenai kekagetan JPU soal agenda sidang pada hari itu (15 Agustus) yang seharusnya agenda duplik, bukan agenda putusan, Dedy menyebut bahwa itu sebelumnya sudah disepakati oleh JPU dan Penasehat Hukum. Serta dituangkan dalam agenda persidangan dan ditandatangani.

"Itu disepakati oleh JPU, Penasehat hukum dan dituangkan dalam agenda persidangan dan ditandatangani. Kita punya arsipnya. Semuanya terangkum dalam dokumentasi. Ada hard-nya ada elektroniknya. Jadi kalau ada kabar liar begitu kita gak ngerti," demikian Dedy. [sri]



Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00