Kemkominfo Normalkan Kembali Jaringan Bandwidth Di Papua

Politik  SENIN, 19 AGUSTUS 2019 , 23:32:00 WIB

Kemkominfo Normalkan Kembali Jaringan Bandwidth Di Papua
RMOLSumsel. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan pelambatan akses bandwidth di beberapa wilayah Papua di mana terjadi aksi massa pada Senin (19/8), seperti di Manokwari, Jayapura dan beberapa tempat lain.

Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu mengatakan, pelambatan akses telah dilakukan secara bertahap sejak Senin (19/8) pukul 13.00 WIT.

Namun dengan kondisi yang mulai kondusif, pihaknya menormalkan kembali akses jaringan pada malam ini.

"Sehubungan dengan situasi di wilayah Papua sudah kondusif, maka mulai malam ini (Pukul 20.30 WIT) akses telekomunikasi sudah dinormalkan kembali," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (19/8).

Ia menyampaikan, tujuan dilakukan pelambatan adalah untuk mencegah luasnya penyebaran hoax yang dapat memicu aksi.

"Sejauh ini Kemkominfo sudah mengindentifikasi dua hoax, yakni hoax foto warga Papua tewas dipukul aparat di Surabaya, dan hoax yang menyebutkan bahwa Polres Surabaya menculik dua orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua," tuturnya.

Dengan ini Kemkominfo mengimbau masyarakat untuk tidak sebarkan informasi hoax, disinformasi, ujaran kebencian berbasis SARA yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. [sri]



Komentar Pembaca
Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah