Mendapat Laporan Warga

Fitri Langsung Bawa Ernawati Ke RSUD BARI

Sosial  SENIN, 19 AGUSTUS 2019 , 22:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Fitri Langsung Bawa Ernawati Ke RSUD BARI

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meminta masyarakat Kota Palembang untuk tidak ragu dan takut melaporkan jika ada warga yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan.

Seperti yang dilakukannya terhadap pasien bernama Ernawati (38), warga Lorong Rawo-rawo RT/RW014/004 Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II tengah menderita tumor di leher.

Fitri sapaan akrabnya, langsung memerintahkan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sesaat setelah mendapatkan laporan terkait kondisi Ernawati, untuk dilakukan penanganan medis.

"Kemarin kita mendapat laporan dari salah satu wartawan dan berita di salah satu media online terkait kondisi ibu Ernawati. Kemarin juga langsung kita bawa untuk diberikan tindakan medis," ungkapnya.

Fitri mengatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya.

"Saya berharap jika ada menemukan informasi adanya warga yang membutuhkan bantuan terkait pelayanan keaehatan, jangan ragu laporkan ke saya," imbuhnya.

Sementara itu, dr. Meilina Wardhani, SPHT KL dokter yang menangani langsung perawatan terhadap Ernawati menerangkan, pasien atas nama Ernawati berdasarkan pemeriksaan awal, menderita tumor pada bagian leher dan sekitar mulut.

Dimana, pasien yang masuk tadi malam, dalam keadaan lemah, sulit makan dan minum.

Jadi langkah pertama yang dilakukan pihaknya, adalah melakukan perbaikan keadaan pasien, dengan memastikan nutrisinya masuk dengan memasangkan selang ke pasien.

"Jadi hal utama yang kita lakukan adalah, dengan mengembalikan kondisi pasien pada umumnya. Karena memang saat masuk kondisinya sangat lemah," ungkapnya.

Usai mengembalikan kondisi umum pasien, dr. Meilina mengatakan, akan dilanjutkan dengan melakukan ct scan, untuk memastikan kondisi sebenarnya dari pasien.

"Hari ini rencananya kita akan melakukan ct scan, karena tumornya yang terlihat di leher terlihat ada juga yang menonjol di dalam mulut. Jadi kita mau memastikan apakah tumornya apakah induknya ada di leher atau didalam mulut," sampainya.

Setelah mendapatkan kepastian terkait kondisi tumornya, pihaknya juga berencana akan melakukan tindakan biopsi untuk memastikan jenis tumornya apa, jinak atau ganas, sehingga bisa ditentukan pengobatan serta langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

"Jadi saat ini kita memastikan dulu nutrisi yang masuk setelah itu baru dilakukan pemeriksaan ct scan," ulasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) RSUD BARI, dr. Makiani Qolyubi, MKes Mars, memastikan jika pasien akan mendapatkan perawatan yang maksimal dan tidak akan ada penolakan terhadap pasien.

"Kita akan berikan pelayanan maksimal. Apalagi pasien merupakan peserta jaminan kesehatan BPJS Kesehatan atau KIS," terangnya.

Sesuai standar pengobatan, pasien akan mendapatkan perawatan intensif sampai pasien benar-benar pulih. Sehingga RSUD BARI dapat menentukan tindakan pasien setelah kondisinya benar-benar sesuai dengan kondisi umum.

"Pasien sebelumnya sudah pernah mendapatkan oekayanan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin. Hanya saja yang bersangkutan tidak melakukan pemeriksaan rutin," ulasnya.[sri]

Seperti diketahui, Ernawati menderita tumor di leher. Sebelumnya yang bersangkutan sudah pernah berobat di rumah sakit, namun disuruh pulang dan menjalani rawat jalan. Dalam kondisi sakit sangat parah dan kesulitan ekonomi, ia dan keluarga tak dapat berbuat banyak kini. Kiranya Pemerintah Kota Palembang dan Pemprov Sumsel berkenan membantu. [sri]



Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00