Terkait Putusan Bebas, Copot Hakim Dedi !

Politik  SENIN, 19 AGUSTUS 2019 , 21:30:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Terkait Putusan Bebas, Copot Hakim Dedi !

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Kantor Pengadilan Negeri (PN) Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) digembok alias disegel ratusan masa gabungan dari Ormas, Ormawa serta mahasiswa, Senin (19/8).

Massa menyegel kantor PN Baturaja lantaran kesal dengan putusan-putusan hakim PN Baturaja yang dianggap pro kepada pelaku kejahatan.

Keputusan Hakim yang dianggap kontroversial yakni bebasnya 3 terdakwa pembunuhan anggota Brimob di OKU Selatan.

Kemudian baru-baru ini yang masih hangat diperbincangkan masyarakat OKU yakni bebasnya oknum anggota polisi yang terlibat narkoba oleh Majelis Hakim PN dengan alasan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak bisa membuktikan kepemilikan narkoba barang bukti oknum polisi tersebut.

Ratusan massa diterima oleh Wakil Ketua PN Baturaja. Suasana sempat memanas, tatkala ratusan massa yang ingin menggembok kantor PN Baturaja dihadang oleh anggota kepolisian.

Terjadi dorong-dorongan antara massa dan polisi. Beruntung dorong-dorongan bisa diredam setelah polisi mengizinkan massa menggembok kantor PN

Karena dianggap tidak sesuai dengan yang diharapkan, akhirnya massa membuat surat laporan ke Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia menuntut agar Ketua Majelis Hakim Dedi Irawan SH dan Agus Safuan Amijaya SH untuk dipanggil dan diperiksa  atas dugaan pelanggaran kode etik hakim dan dugaan adanya penyuapan atas 2 kasus vonis bebas tersebut.

"Kami juga meminta Komisi Yudisial untuk mengkaji ulang semua perkara yang dipegang oleh Dedi Irawan SH dan Agus Safuan Amijaya SH. Baik sebagai ketua Majelis Hakim ataupun Hakim anggota. Karena kami menduga adanya jual beli perkara yang dipegang oleh kedua Hakim tersebut," kata Koordinator lapangan aksi, Firman Ardi saat diwawancarai wartawan.

Terakhir massa meminta agar Komisi Yudisial mencopot Dedi Irawan SH dan Agus Safuan Amijaya SH sebagai ketua majelis hakim dan hakim anggota.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada statement dari pihak Pengadilan Negeri Baturaja. [sri]



Komentar Pembaca
Fahri Menduga-duga Alasan Presiden Setujui Revisi
Terbukti Revisi Perkuat KPK, Menkumham Lega..
Revisi UU KPK Disahkan!

Revisi UU KPK Disahkan!

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

KPK Garap Anak Buah Mendag

KPK Garap Anak Buah Mendag

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

Karhutla, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
RUU KPK Tinggal Disahkan di Paripurna

RUU KPK Tinggal Disahkan di Paripurna

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00