LBH Siap Dampingi Jurnalis Yang Diintimidasi Polisi

Politik  MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 11:35:00 WIB

LBH Siap Dampingi Jurnalis Yang Diintimidasi Polisi

Lagi, intimidasi kembali dialami jurnalis saat melakukan tugasnya/Net

RMOLSumsel. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers berharap enam jurnalis yang diintimidasi oleh oknum kepolisian segera membuat laporan ke Propam Polda Metro Jaya. Keenam jurnalis itu mendapat intimidasi saat mengambil gambar sejumlah elemen buruh yang sedang digeledah dan diamankan pihak kepolisian di depan Gedung TVRI, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Jumat (16/8).

Ketua Advokat LBH Pers, Ahmad, mengatakan pihaknya siap membantu dan mendampingi enam jurnalis yang menjadi korban saat sedang bertugas untuk membuat laporan ke Propam Polda Metro Jaya.

"Kalaupun mereka mau minta untuk didampingi, dari kami siap membantu," ucap Ahmad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (18/8).


Kata Ahmad, jika mereka sudah mengetahui siapa oknum polisi yang melakukan kekerasan dan intimidasi, maka harus segera melaporkan ke Propam Polda Metro Jaya.

"Kalau kita sudah tahu pelakunya, kita buat laporan sesuai dengan UU Pers pasal 18 Ayat 1 dan melapor ke Propam. Jadi, etiknya jalan, laporan pidananya juga jalan," katanya.

Walau begitu, LBH Pers mengaku sejak kejadian hingga saat ini belum ada dari jurnalis yang diintimidasi meminta bantuan untuk membuat laporan.

"Sampai saat ini kita belum dapat infonya (yang sudah membuat laporan)," jelasnya.

Atas insiden yang melukai kebebasan Pers tersebut, LBH Pers mendesak pihak kepolisian untuk segera mencari oknum polisi yang melakukan intimidasi kepada jurnalis saat sedang melaksanakan tugas jurnalistik.

"Kita memang mendesak pihak kepolisian untuk mencari oknum itu, oknum yang memukul para jurnalis saat meliput. Terus kita mendesak untuk pelaporan sesuai dengan MoU Kapolri," pungkasnya.[sri]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00