Provokatif, Korut Luncurkan Rudal Lagi

Politik  SABTU, 17 AGUSTUS 2019 , 18:20:00 WIB

Provokatif, Korut Luncurkan Rudal Lagi
RMOLSumsel. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memantau dengan seksama peluncuran rudal, yang pada Jumat lalu merupakan keenam kalinya. Peluncuran sengaja dilakukan menjelang  kunjungan utusan Amerika Serikat (AS )ke Korea Selatan pekan depan.

Kantor Berita Pemerintah Korut menyatakan bahwa tindakan Kim akan mempersulit upaya denuklirisasi semenanjung Korea.

"Kerang Juche ditembakkan di hadapan Pemimpin Tertinggi," lapor Kantor Pusat Berita Korea (KCNA) yang dikutip dari Kantor Berita RMOL, Sabtu (17/8).

Dalam laporan tersebut, KCNA juga mengatakan bahwa tes itu memiliki hasil sempurna, yang membantu memperkuat kepercayaan yang lebih besar pada sistem senjata ini.

Padahal tepat sehari sebelumnya, Kamis (15/8), Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa pihaknya bersedia melakukan dialog dengan Korea Utara. Namun demikian, Korea Utara menganggap Moon telah lancang karena ingin melakukan dialog.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, pekan depan utusan khusus AS untuk Korea Utara akan melakukan perjalanan ke Jepang dan Korea Selatan untuk melakukan pembicaraan mengenai denuklirisasi Korut.

Sementara itu, Korut mengatakan bahwa pembicaraan nuklir akan ketat antara Pyongyang dan Washington. Selain itu, Korut menolak untuk melakukan dialog dengan Korsel dengan alasan tidak ingin ikut campur urusan Korsel dan AS. "Kami tidak memiliki apa pun untuk dibicarakan dengan Korea Selatan," demikian keterangan pemerintah Korut.

Diketahui, sejak bulan lalu Kim meluncurkan beberapa rudal sebagai peringatan serius terhadap latihan gabungan yang dilakukan oleh AS dan Korsel awal bulan Agutus. Sekitar 30.000 tentara AS ditempatkan di Korsel dalam latihan tersebut yang membuat Korut kebakaran jenggot karena merasa latihan tersebut sangat provokatif.[ida]

Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00