Kapolres Baru Harus Turun Pantau Karhutla!

Oleh: Harris Suprapto

Politik  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 21:30:00 WIB

Kapolres Baru Harus Turun Pantau Karhutla!

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang belakangan terjadi di wilayah Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba) membuat Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli menegaskan agar Kapolres yang baru dilantik ikut melakukan pemantauan di wilayah masing-masing.

Hal itu ditegaskan Firli usai melakukan serah terima jabatan Kapolres Banyuasin dari AKBP Yudhi S Pinem ke AKBP Danny Sianipar yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Sumsel.

AKBP Yudhi menempati jabatan baru menjadi Kapolres Muba menggantikan AKBP Andes Purwarti yang juga diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolresta Palembang menggantikan AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, di ruang Catur Sakti Polda Sumsel, Kamis (15/8).

Kapolresnya harus turun ke lapangan, jangan hanya duduk-duduk saja di ruangan. Saya kan pernah ke Banyuasin dan Musi Banyuasin, kebakaran hutan di dua wilayah ini memang sering terjadi, sehingga harus menjadi perhatian,” ucap Irjen Firli.

 Sementara itu, AKBP Yudhi S Pinem yang baru saja dilantik mengaku siap turun langsung ke lokasi karhutla dan ia juga berencana melakukan inovasi agar lahan tidak lagi terbakar.

Sesuai perintah, saya siap, dari sini nanti langsung rapat dengan semua unsur membahas agar kebakaran lahan dapat segera diatasi. Kita mulai lakukan inovasi agar masyarakat tidak membakar lahan,” katanya.

Menurutnya, inovasi tersebut diantaranya dengan melakukan pencegahan dini sehingga masyarakat sekitar tak membakar lahan. Harus ada inovasi agar masyarakat tidak lagi membakar lahan. Kenapa, ya kalau udah terbakar kan sulit api untuk dipadamkan. Jadi pencegahan ini lebih utama,” tuturnya.

Di tempat berbeda Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah memimpin serah terima jabatan Wakapolresta Palembang dari AKBP Prasetyo kepada AKBP Andes di Aula Patria Tama Polresta Palembang.

Dengan adanya serah terima pada hari ini ini adalah bentuk kebijakan polri karena setiap orang menjabat berdasarkan kompetensi dan dedikasi. Baik saat AKBP Andes di Muba maupun AKBP Prasetyo di Polresta Palembang. Karena itu keduanya diberikan kepercayaan satu tingkat lebih tinggi,” ujar Kombes Pol Didi.

Ia pun berharap kepada keduanya untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat segera beradaptasi di tempat yang baru. Dalam hal ini AKBP Prasetyo mendapat promosi jabatan sebagai Kapolresta Barelang, Kepulauan Riau.[sri]



 

Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00