AXA Mandiri Syariah Tingkatkan Literasi Keuangan Bagi Umat Muslim

Ekonomi  RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 14:47:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

AXA Mandiri Syariah Tingkatkan Literasi Keuangan Bagi Umat Muslim

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pemahaman terhadap sistem syariah dalam sebuah lembaga keuangan masing sangat minim. Bahkan, banyak yang beranggapan jika antara asuransi syariah dan konvensional memiliki sistem yang sama dalam pengelolaannya.

Padahal, ungkap Chief of Sharia PT AXA Mandiri Dr. Srikandi Utami, antara asuransi syariah dan asuransi konvesional atau not syariah, memiliki sistem yang sangat jauh berbeda termasuk konsepnya.

Untuk itu, literasi keuangan berupa kegiatan Halaqah atau seminar interaktif kepada para Dai-Daiah di Palembang sangat penting. Seperti yang dilakukan hari ini, Rabu (14/8/19), kerjasama PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kita ingin terus meningkatkan literasi keuangan kepada umat Islam di Indonesia, sekaligus meningkatkan kemampuan berdakwah para Dai dan Daiah, khususnya dalam memberikan dakwah kepada kaum milenial," terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan ini merupakah kelanjutan dari program Satu Juta Umat Mandiri” sebagai wujud komitmen AXA Mandiri dalam meningkatkan literasi keuangan serta pemahaman masyarakat terhadap produk-produk keuangan syariah.

Dimana, program ‘Satu Juta Umat Mandiri’ yang telah berjalan sejak 2016 ini merupakan bentuk kontribusi dan tanggung jawab AXA Mandiri terhadap perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Program edukasi yang telah memberikan literasi kepada lebih dari 3.000 Dai dan Daiah di berbagai kota di Indonesia ini dilaksanakan melalui kegiatan dakwah dengan satu kegiatan dengan Ulama, satu pertemuan diskusi dengan para Dai-Daiah (mutaqoh/halaqah) dan tiga egiatan dengan wanita dan/atau mahasiswa yang terselenggara dalam bentuk seminar atau lokakarya.

"Kami berterima kasih kepada para peserta, khususnya para Dai dan Daiah yang dengan penuh semangat bersama-sama melanjutkan program literasi dan edukasi keuangan syariah," tuturnya.

Program ini juga menjadi komitmen AXA Mandiri untuk berkontribusi kepada masyarakat luas, sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu memberdayakan masyarakat Indonesia untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

"Bagi AXA Mandiri, Indonesia dengan total penduduk 87% beragama muslim , literasi keuangan syariah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan menjadi potensi yang bagus bagi pasar asuransi syariah. Oleh karena itu kerja sama yang konsisten dengan MUI dapat membantu memperluas pemahaman umat islam mengenai asuransi syariah," tandasnya.

Ketua Komisi Dakwah MUI pusat K.H Muhammad Cholil Nafis Ph.D mengatakan bahwa MUI menyambut baik langkah AXA Mandiri untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya umat Islam akan pentingnya asuransi syariah. Melalui program ini, MUI bersama AXA Mandiri, serta para Dai dan Daiah secara konsisten akan berpartisipasi langsung untuk menggalakkan literasi mengenai asuransi yang sesuai dengan hukum Islam ini.

"Melalui sosialisasi ini, ke depannya kita ingin masyarakat muslim semakin paham keberadaan dan pentingnya asuransi syariah. Memahami produk asuransi syariah secara benar akan memberikan lebih banyak pilihan terhadap kebutuhan proteksi dan juga investasi," tandasnya.

Kegiatan literasi keuangan syariah yang singgah di Palembang ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari Dai dan Daiah, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Sumatera Selatan (seperti Banyuasin, Kota Baturaja dan Musi), serta perwakilan Organisasi Masyarakat (ORMAS) yang ada di Palembang.

Kegiatan yang pada tahun ini telah dilakukan di beberapa kota besar lainnya, yaitu Surabaya, Semarang dan Medan ini mendapatkan sambutan hangat dari para peserta. Khususnya dari peserta yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai prinsip dan manfaat asuransi Syariah.[irm]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00