Enggartiasto Seakan Lawan Instruksi Presiden

Politik  SELASA, 13 AGUSTUS 2019 , 23:14:00 WIB

Enggartiasto Seakan Lawan Instruksi Presiden

RMOL

RMOLSumsel. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melantik pejabat baru di lingkungan kementeria yang ia pimpin, meskipun sudah diperingatkan Presiden untuk tidak melakukan pergantian jabatan untuk posisi tertentu saat ini. Hal ini seakan melawan instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

Selasa (6/8) lalu, Enggar melantik tujuh pejabat eselon I di kementeriannya. Salah satunya Oke Nurwan, yang menjadi sekretaris Jenderal setelah sebelumnya menjabat Direktur Perdagangan Luar Negeri.

"Menteri semestinya mengikuti perintah presiden. Undang-undang negara mengatakan menteri sebagai pembantu presiden harus mendengarkan instruksi presiden," kata pengamat politik sekaligus Direktur Hicon & Policy Strategies, Hifdzil Alim saat ditemui di bilangan Menteng, Jakarta, Selasa (13/8).

Hifdzil menjelaskan, yang dilakukan Enggar termasuk dalam istilah Cinderella Action. "Seorang pejabat yang menggeser bawahannya di akhir masa jabatannya, dapat dianggap untuk membayar dengan tanda kutip
utang dari pendukungnya selama ini sebelum habis masa jabatannya," tegasnya.

Menurutnya, kelakuan Enggar harus menjadi catatan khusus untuk Jokowi dalam menilai kinerja Enggar, bilamana menteri asal Nasdem itu mau diboyong ke periode kedua.

"Tentu ini jadi catatan penting Presiden. Apakah kedepan harus menganti Enggar atau tidak," pungkasnya.

Enggar sendiri sudah buka suara dan mengaku apa yang dilakukannya tidak salah, karena sudah mendapat izin dari Jokowi sejak bulan Juli lalu, sebelum larangan itu dikeluarkan. [irm]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00