Kapolri Minta Bantuan Panglima TNI Tangkap Pembakar Hutan

Sosial  SENIN, 12 AGUSTUS 2019 , 21:58:00 WIB

Kapolri Minta Bantuan Panglima TNI Tangkap Pembakar Hutan
RMOLSumsel. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan dirinya telah melihat dan mendengarkan langsung paparan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan informasi yang diberikan oleh jajaran Polri atas penyebab terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Di atas 90 persen penyebabnya adalah manusia,” kata Tito kepada wartawan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (12/8).

Merespons temuan itu, Tito menginstruksikan kepada seluruh Polda di Indonesia terutama di wilayah karhutla untuk menindak tegas pelaku pembakaran. Bahkan, mantan Kapolda Metro Jaya itu secara khusus meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memrintahkan prajuritnya menangkap langsung para pelaku pembakaran hutan.

Kalau tertangkap tangan itu boleh dilakukan penangkapan dan segera diserahkan kepada penyidik Kepolisian setempat,” jelasnya.

Dengan penegakan hukum yang tidak pandang bulu, sambung Tito, diharapkan mampu memberikan efek jera baik perorangan maupun korporasi alias perusahaan.

Kalau itu dibakarnya oleh korporasi, kita lakukan tindaka. Kalau seandainya dari luar kemudian merambat sehingga dia (korporasi) menjadi korban kita proses yang melakukan pembakaran pertama,” pungkas Tito.

Sejauh ini, Polri telah menangani 68 kasus pembakaran hutan dan lahan. Sebanyak 61 orang termasuk satu korporasi telah ditetapkan sebagai tersangka. Dari 60 yang telah disidik, 13 kasus ditangni Polda Riau, satu kasus di Polda Kalteng, dan dua kasus di Polda Kalbar sudah masuk dalam pelimpahan tahap II tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan. [yip]


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00