Perampok Kantor Dinkes Malang, Kronologis Bak Robin Hood

Kriminal  SABTU, 10 AGUSTUS 2019 , 10:16:00 WIB

Perampok Kantor Dinkes Malang, Kronologis Bak Robin Hood

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Kawanan perampok menyasar Kantor Dinas Kesehatan Kota Malang, Kamis (8/8). Sebanyak 5 orang disekap dan diancam akan dibunuh. Namun yang menjadi keanehan, komplotan penjahat itu tidak mengambil harta milik para sandera. Mereka disinyalir hanya ingin mengambil ‘uang negara’.

Menurut kriminolog Universitas Brawijaya, Dr. Prija Djatmika SH MS pelaku perampokan tersebut merupakan manusia dengan tingkat kemanusiawian yang tinggi. Mereka murni melakukan perampokan karena desakan ekonomi. Sehingga tak sampai hati membunuh meski sudah ada ancaman.

Kejahatan seperti ini sudah banyak dilakukan di Amerika. Mereka seperti Robin Hood. Malah yang di Amerika ini setelah dicuri dibagi-bagikan kepada masyarakat, kemungkinan pelaku dari kelas ekonomi bawah,” bebernya.

Uang yang dicuri perampok itu pun tak banyak, hanya Rp 3 jutaan. Mobil Suzuki Ertiga milik korban sandera juga tak disentuh sama sekali. Untuk sebuah perampokan itu jumlah yang kecil.

Menurut Prija biasanya ketika pencurian tidak sesuai target, maka akan ada kejahatan lain yang dilampiaskan penjahatnya.

Alih-alih melakukan kejahatan lain, justru salah satu perampok malah memberi uang Rp 100 ribu kepada anak dari salah satu sandera. Ia menyimpulkan secara strategi mulai dari penyekapan dan pengambilan pusat CCTV, perampok punya jiwa kriminal. Namun jiwa manusiawinya tak bisa dipungkiri.

Seperti yang diberitakan, Dinkes Kota Malang dirampok pada pukul 01.00. Pelaku yang berjumlah 5 orang itu mengendarai mobil pelat merah. Salah satu satpam dikatakan mengenal salah satu pelaku. [irm]

Komentar Pembaca
Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00

Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00