Kejurnas Slalom, Cikal Bakal PON 2024

Olahraga  JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 08:18:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Kejurnas Slalom, Cikal Bakal PON 2024

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Untuk mengangkat potensi atlet slalom sejak usia dini, IMI memiliki program perdana dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) usia 23 yang akan menjadi cikal bakal diperlombakannya Cabor Slalom pada PON 2024.
       
Program ini menjadapat respon positif dari KONI Sumsel. Seperti yang diungkap Plt ketua Koni Sumsel Deni Zainal, tidak hanya Koni yang mendukung tapi juga Gubernur Sumsel juga terlihat antusias dengan kegiatan slalom ini. Ini tentu suatu  yang luar biasa dalam membina altet muda berbakat. Saya berharap even ini bisa berlangsung sukses,”ucapnya

Menurut Deni, dirinya merupakan salah satu  orang yang cukup mengenal olahraga slalom dimana dulu sekitar   tahun 1990-an ada peslalom asal Sumsel yang merajai  kejuaraan nasional slalom yakni James Sanger. Beliau juara  nasional hingga 13 kali berturut turut tanpa tanding. Itu yang luar biasa kita kagum,”ungkapnya
       
Namun setelah itu, sambung Deni, dunia olahraga slalom khususnya di Sumsel menghilang dan baru terdengar tahun ini yakni bakal digelar kejuaraan slalom. Kita dari Koni merespon positif,” katanya.

Herlan Aspiudin Ketua PHRI Sumsel sangat mendukung kegiatan Night Slalom ini karena selain menggalakkan dunia olahraga otomotif juga untuk meningkatkan dunia pariwisata di Sumsel dan Palembang.

Palembang memiliki faslitas olahraga terlengkap dan merupakan salah satu destinasi pariwisata.  Dengan adanya even ini tentu biasa meningkatkan pariwisata di  Sumsel khususnya Palembang,”katanya
       
Herlan juga berharap even slalom ini bisa menjadi agenda rutin tiap tahun. Kita dari pihak PHRI berharap even ini bisa jadi kalender rutin,”harapnya
       
Sebagaimana diketahui, untuk menjaring atlet cabang olahraga otomotif, Montez Indonesia bersama Pemerintah Provinsi dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Selatan menggelar Night Slalom Sumsel dan Kejurnas U-23. Rencananya, kejuaraan Slalom tersebut bakal digelar pada 30 Agustus-1 September di jalan POM IX Seputaran Palembang Icon.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel H Akhmad Yusuf Wibowo mengungkapkan, kejuaraan ini sebagai persiapan untuk Sumsel menyambut PON 2024, karena pada 2020 di Papua slalom belum menjadi cabor yang dipertandingkan.

Kita berharap ini akan menimbulkan atlet-atlet bertalenta di Sumsel setelah kegiatan ini berakhir,” harapnya.

Dia melanjutkan, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Gubernur Sumsel Herman Deru yang sangat konsen pada olahraga, salah satunya di dunia otomotif. Bahkan, orang nomor satu di Sumsel itu akan turun pada nomor eksekutif slalom bersama dengan Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya dan walikota lubul linggau. Ini pasti seru, Pak Gubernur akan melewati rintangan di nomor eksekutif slalom,” jelasnya.

Untuk mengapresiasi pada peserta, sambung Yusuf pihak panitia mempersiapkan hadiah total Rp100 juta lebih untuk para pemenang.Ketua Penyelenggara Beben Bursyah menyampaikan, khusus untuk peserta Kejurnas Slalom U23, pihak panitia memfasilitasi tiga mobil Honda Brio untuk dipakai saat beraksi. Sementara untuk peserta Gubernur Cup Slalom Sumsel peserta diminta bawa sendiri. Sementara ini peserta sudah mulai mendaftar.

Jadi khusus Kejurnas U23 mobil disediakan dari panitia 3 unit Honda Brio. Jadi peserta tinggal bawa badan saja,” terangnya.

Perhelatan ini, sambung Beben ditujukan memanjakan pecinta balap nasional dengan beragam even professional. Montesz Indonesia selaku promotor nasional bekerjasama dengan IMI Sumsel kembali sengaja mengemas hajatan sakral paling dinantikan peslalom seantero Sumatera.

Selain menjadi ajang olahraga ketangkasan paling dinantikan seantero Pulau Sumatera dan Jawa, akan disemarakkan dengan beragam kegiatan meriah berkonsep Sportaiment,” jelasnya.

Seperti aksi festival band, kontes modifikasi, bazzar, coaching clinic, hingga DJ Perform fix dipersembahan untuk menambah suasana maksimal. Ini juga menurut Beben sekaligus mengakomodir semua komunitas milenial yang ada di Palembang serta wadah positif anak muda di Sumatera Selatan.

Jadi untuk pecinta otomotif Palembang dan Sumatera Selatan, khususnya peslalom di seluruh negeri, jangan sampai terlewatkan salah satu even paling keren di bumi Sriwijaya Palembang, dan mari bersama sama kita sukseskan penyelenggaraan Gubernur Cup Night Slalom Sumatera Selatan,” terang Beben.

Beben menerangkan bahwa arena tempat perhelatan akan dibuka untuk umum dan tak dipungut biaya alias gratis. Masyarakat bisa datang ke lokasi dan menikmati kegiatan dan mengunjungi tenan-tenan yang tersedia.

Pada malam puncak nanti akan dihibur oleh Endank Soekamti dan hiburan lainnya,” ungkapnya. [irm]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00