Merangkul Semua Potensi, Airlangga Mampu Besarkan Golkar

Politik  SENIN, 05 AGUSTUS 2019 , 13:17:00 WIB

Merangkul Semua Potensi, Airlangga Mampu Besarkan Golkar
RMOLSumsel. Airlangga Hartarto memiliki karakter yang disukai masyarakat Indonesia. Dia juga mampu merangkul seluruh partai di saat Golkar mengalami guncangan sehingga selamat dari keterpurukan.

Karena itulah, Airlangga berpeluang besar terpilih kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar pada Munas (Musyawarah Nasional) mendatang.

Airlangga memiliki citra publik yang positif sebagai figur profesional yang santun dan organisatoris dan tak suka berkonflik,” ujar sosiolog politik dari Universitas Trunojoyo Madura Dr Khoirul Rosadi.

Masyarakat Indonesia, ungkap Rosadi, lebih menyukai tokoh politik berkarakter kalem nan lembut, dibandingkan dengan yang muncul dengan ekspresi keras atau emosional.

Di samping mengapresiasi karakter kepemimpinan Airlangga, Rosadi juga membandingkan Ketum Golkar itu  dengan Akbar Tanjung, Ketum Golkar sebelumnya, yang sedikit banyak disebutnya memiliki kemiripan.
 
Saya kira, salah satu faktor penting mengapa Partai Golkar tetap besar setelah kejatuhan Orde Baru adalah adanya kepemimpinan Bang Akbar saat itu. Ia merawat soliditas kader dan mengambil hati simpul-simpul suara di masyarakat dengan komunikasi yang santun,” ujar sosiolog politik dari Universitas Trunojoyo Madura seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL, Senin (5/8).

Sementara Airlangga, yang jadi Ketua Umum Golkar setelah partai itu mengalami goncangan hebat akibat kasus korupsi yang menimpa Setya Novanto dan Idrus Marham, disebut Rosadi punya ketrampilan sosial untuk merangkul seluruh potensi partai, sehingga Golkar tidak menjadi terpuruk.

Bang Akbar itu, dulu, kalau turun ke bawah nggak lupa nanya ke kader-kader akar rumput, apa yang mereka perlukan. Mereka merasa diperhatikan pucuk pimpinan partai. Mas Airlangga sekarang ini juga melakukan berbagai hal untuk merawat kemesraan dengan kader-kader di daerah, misalnya dengan membawa mereka bertemu dengan elit politik di pemerintahan hingga Presiden,” terangnya.

Menurut Rosadi, sangat wajar jika masyarakat kepincut dengan pemimpin politik berkarakter kalem, karena secara psikologis akan membuat mereka nyaman. [ida]


Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00