Ini Tips Agar Kualitas Sperma Jadi Baik

Lifestyle  RABU, 31 JULI 2019 , 11:42:00 WIB

Ini Tips Agar Kualitas Sperma Jadi Baik

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan tentu sangat memperhatikan kualitas sperma supaya bisa segera diberikan momongan. Selain asupan kacang-kacangan, agar kualitas sperma tetap terjaga dengan baik Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat lainnya. Beberapa hal sehat yang perlu Anda lakukan antara lain:

1. Tidak merokok
Rokok dapat menurunkan jumlah sperma yang baik. Jadi, jika Anda perokok dan ingin kualitas sperma terjaga dengan baik, berhentilah merokok.

2. Tidak mengonsumsi alkohol berlebihan
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan produksi hormon testosteron dan kualitas sperma Anda.

3. Menerapkan diet yang sehat
Asupan makanan yang kaya akan sayur dan buah dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Karena kedua makanan ini tinggi akan antioksidan dan zink yang dapat membantu memperbaiki kualitas sperma.

4. Rutin olahraga
Olahraga yang rutin dapat membantu meningkatkan produksi testosteron.   Kualitas semen dan sperma pria yang rutin berolahraga akan lebih baik dibandingkan dengan pria yang jarang melakukan aktivitas fisik tersebut.

5. Hindari stres
Stres jangka panjang dapat menurunkan produksi sperma. Kondisi tersebut bisa memicu peningkatan hormon kortisol yang menyebabkan kadar testosteron menurun.

6. Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang berlebih dapat menurunkan jumlah dan daya gerak sperma. Akibatnya kualitas sperma pun akan menurun.

Jika Anda dan pasangan belum juga mendapatkan kehamilan setelah setahun menikah atau melakukan program hamil, kunjungilah dokter kebidanan dan kandungan. Sebab, perlu dilakukan pemeriksaan organ reproduksi secara menyeluruh.

Untuk para pria, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi untuk mengetahui bagaiman kualitas sperma yang dimiliki. Jika ternyata menurut pemeriksaan kualitas sperma masih kurang, ada beragam cara untuk bisa meningkatkannya, salah satunya dengan memperbanyak makan kacang. Meski demikian, jangan lantas menyantapnya berlebihan. Tetap batasi porsinya. Jika perlu konsultasikan dengan dokter untuk menentukan porsi yang tepat. [irm]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00