Mantap! RUU Perlindungan Data Pribadi Tuntas..

Hukum  SELASA, 30 JULI 2019 , 22:15:00 WIB

Mantap! RUU Perlindungan Data Pribadi Tuntas..
RMOLSumsel. Di tengah hebohnya berita mengenai situs yang menawarkan data pribadi warga, Pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo) menuntaskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP).

"Jadi RUU PDP sudah kita bahas, sudah tuntas. Jadi akan dibuat seperti omnibus law (regulasi baru)," ungkap Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudah Arif Fakrulloh di Kantor Ombudsman, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/7).

Zudan menuturkan, terdapat 32 peraturan dalam RRU PDP tersebut yang akan menjadi satu UU dalam PDP tersebut.

"Nanti dinaikkan diabstraksikan menjadi satu undang-undang peraturan perlindungan data pribadi, dengan tetap peraturan yang di bawah itu sinkron, sehingga tidak ada pertentangan di dalamnya," lanjutnya seperti dilansir Kantor Berita RMOL.

Dalam RUU PDP tersebut terdapat tiga poin penting. Pertama pengumpulan datanya harus benar, kedua penyimpanan datanya harus benar, dan ketiga pemanfaatan datanya harus benar.

"Masyarakat yang datanya sedang digunakan itu dia mengerti bahwa datanya sedang dipakai. Oleh karena itu berbagai lembaga tidak boleh menggunakan data kependudukan, atau data pribadi kecuali sedang bertansaksi dengan orangnya," papar Zudan.

Dengan adanya RUU ini, seperti halnya Bank hanya boleh membuka data pribadi seseorang, jika seseorang tersebut juga bertransaksi dengan bank bersangkutan, termasuk seperti halnya asuransi, yang boleh membuka data seseorang yang juga bertransaksi dengan asuransi terkait.

"Jadi bank hanya boleh membuka data X kalau X ini bertransaksi dengan bank. Asuransi membuka data Y bila Y sedang bertransaksi dengan asuransi," paparnya.[ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00