BNN Isyaratkan Nunung Dikenai Rehabilitasi

Hukum  SELASA, 23 JULI 2019 , 14:11:00 WIB

BNN Isyaratkan Nunung Dikenai Rehabilitasi
RMOLSumsel. Seperti yang diharapkan banyak pihak. Ada peluang Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya July Jan Sambiran akan direhabilitasi sehingga keduanya terbebas dari hukum pidana.

Kemungkinan itu disampaikan Deputi Pemberantasan Narkotika Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol  Arman Depari. Menurutnya, pemakai narkoba wajib untuk direhabilitasi karena itu merupakan hak seseorang berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Ya setiap warga negara Indonesia sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan maka kalau dia menggunakan atau pecandu atau pemakai narkoba wajib direhabilitasi, jadi setiap orang punya hak untuk rehabilitasi," ucap Arman Depari seperti diberitakan Kantor Berita RMOL yang menemuinya di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (23/7).

Namun, Nunung dan suaminya harus dilakukan pemeriksaan lebih dalam oleh penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Nantinya, berdasarkan hasil assesment tersebut menunjukkan apakah Nunung benar-benar hanya pecandu narkoba ataupun sebagai pengedar narkoba.

"Artinya sekalipun dia tersangka maka ketika dia melakukan atau mengalami pemeriksaan di hadapan penyidik bersamaan dengan itu dia dilakukan pemeriksaan atau assessment terpadu," katanya.

Jika Nunung terlibat jaringan narkoba yakni sebagai pengedar ataupun bandar, maka Nunung dan suaminya akan dilakukan rehabilitasi dan proses hukum tetap berjalan hingga ke persidangan di pengadilan.

"Kalau dia terlibat jaringan sebagai pengedar atau bahkan sebagai bandar, maka disamping assesment untuk memulihkan kesehatannya maka proses hukum tetap berlaku sampai kepada sidang pengadilan," jelas Arman.

Namun, jika Nunung dan suaminya hanya benar-benar pecandu narkoba, maka mereka hanya akan menjalani proses rehabilitasi berdasarkan assesment dari penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

"Tetapi jika yang bersangkutan tidak terlibat jaringan, bukan pengedar, bukan sebagai bandar, maka dia diberikan perawatan berupa rehabilitasi dan terapi, berapa lama? Nah itu tergantung dari hasil assesment dan keputusan dokter dan konseler yang menangani yang bersangkutan," paparnya.

Diketahui, Nunung dan suaminya telah mengakui mengkonsumsi narkoba sejak 20 tahun yang lalu. Pengakuan itu disampaikan langsung kepada penyidik saat proses pemeriksaan.

Dengan demikian, penggunaan narkoba selama 20 tahun itu harus kembali dilakukan pendalaman untuk menentukan Nunung aan suaminya berhak direhabilitasi tanpa dikenakan sanksi pidana ataupun tidak.

"Nah ini mungkin perlu kita dalami apakah 20 tahun ini terus-menerus atau dia mulai 20 tabun yang lalu, kemudian berhenti atau mungkin dari jenis narkobanya, nah ini masih perlu pendalaman dan perlu informasi seperti yang saya sebutkan tadi tentu sudah didalami oleh penyidik," tuturnya.

Sehingga, Arman yakini penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya telah mengetahui prosedur assesment untuk dilakukan rehabilitasi.

"Dan saya yakin penyidik di Polda Metro Jaya sudah mengerti betul tentang standar dan juga langkah-langkah yang perlu dilakukan secara profesional," pungkasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00