Begini Cuaca Satu Minggu Kedepan

Ragam  MINGGU, 21 JULI 2019 , 21:41:00 WIB

Begini Cuaca Satu Minggu Kedepan

NET

RMOLSumsel. Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika kelas 2 Tuban, Jatim mengeluarkan peringatan cuaca seminggu mendatang.

Prakiraan BMKG, ada ketinggian gelombang sejak 19-23 Juli 2019. Bahwa ketinggian gelombang di laut utara Tuban berkisar antara 1.5 - 3.0 meter.

Rinciannya, kondisi gelombang di laut jawa bagian timur maksimal 3,5 meter. Di perairan kepulauan Masalembu gelombang maksimal 3,5 meter. Gelombang di perairan Pulau Bawean maksimal 3 meter.

Sedangkan di perairan laut utara Jawa bagian Jatim, termasuk Tuban, ketinggian gelombang antara 1,5 meter hingga 3 meter.

"Ombak besar disertai angin kencang hingga 23 Juli 2019," ujar Desindra Deddy Kurniawan, Kepala BMKG Kelas 2 Tuban.

Menurutnya, musim kemarau sudah dimulai sejak April lalu dan akan mencapai puncaknya Agustus mendatang.

Pada siang hari kondisi udara akan terasa panas. Sedangkan pada malam hari suhu akan berubah dingin hingga suhu 20 derajat celcius.

"Fenomena ombak besar dan musim kemarau yang dingin pada malam hari ini dipengaruhi oleh monsun timur dari Australia yang bertiup ke Pulau Jawa. Munson timur membawa massa udara yang sifatnya kering, sehingga menurunkan suhu di wilayah Jawa pada malam hari," kata Desindra.

Selain itu, munson timur juga berdampak terhadap penambahan kecepatan angin, yang berdampak terhadap ketinggian gelombang di laut utara jawa.

"Terkait hal ini, kami mengimbau kepada warga yang beraktivitas di laut untuk tetap selalu waspada dan berhati-hati. Serta selalu memantau informasi di website maupun di media sosial resmi BMKG setempat," pungkasnya. [irm]

 



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00