Ahok Ingin Kaltim, Sugianto Yakin Kalteng

Ragam  MINGGU, 21 JULI 2019 , 17:32:00 WIB

Ahok Ingin Kaltim, Sugianto Yakin Kalteng
RMOLSumsel. Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyarankan, Ibukota RI dipindahkan ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) karena memiliki segala potensi yang dibutuhkan.

Berbeda dengan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, yang optimistis  provinsi pimpinannya akan menjadi lokasi ibukota negara.

Meski saat ini pemerintah pusat belum memberi pernyataan pasti ke mana lokasi calon ibu kota, namun Sugianto yakin dengan segala potensi yang ada, Kalteng akan ditetapkan menjadi ibu kota negara.

Gubernur menyebutkan, dari segi wilayah tentunya Kalteng cukup luas jika dibandingkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sehingga masih banyak lokasi yang bisa dikembangkan untuk kebutuhan pembangunan ibu kota baru.

Dari semua sisi sudah bagus. Kalau luas wilayah sudah tentu, dan air tawar banyak di Kalteng. Potensi di sektor lain juga begitu besar, apalagi sekarang pemerintah terus melakukan pengembangan dalam skala besar,” katanya seperti diberitakan Radar Sampit.

Meski sejumlah daerah di Kalteng didominasi gambut, namun hal tersebut tidak akan mengganggu proses pembangunan infrastruktur. Ia mencontohkan keberadaan Jalan Tjilik Riwut di Kota Palangka Raya yang juga kadang disebut Jalan Rusia. Jalan itu mampu bertahan lama, padahal dibangun di atas permukaan lahan gambut yang labil.

Artinya gambut itu tidak menjadi masalah. Jadi ini menandakan Kalteng memang pantas dan sangat pantas menjadi ibu kota pemerintah Indonesia. Apalagi kita tahu Presiden pertama sudah punya rencana untuk itu,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pemerintah provinsi sangat serius menyikapi rencana perpindahan ibu kota. Berbagai kebijakan dan inovasi telah dilakukan pemerintah, mulai dari memaksimalkan pemanfaatan potensi daerah, pengembangan kawasan, termasuk bagaimana memerhatikan keberadaan masyarakat.

Kebijakan yang dijalankan pemerintah tersebut tidak hanya untuk kepentingan daerah, namun untuk kepentingan skala yang lebih luas. Terkait hal ini, dirinya mengharapkan pemerintah pusat melalui kementerian terkaitnya bisa mendukung langkah strategis yang dibuat, khususnya mengenai peningkatan pemanfaatan potensi daerah.

Saya harapkan tidak terjadi kendala dalam membangun, sehingga perlu dukungan dari pusat dalam hal ini kementerian. Karena apapun itu, tidak hanya untuk Kalteng, tapi juga untuk Indonesia,” pungkasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00