Layanan Muba Siaga 112 Sabet Penghargaan Internasional

MUBA  MINGGU, 21 JULI 2019 , 14:47:00 WIB

Layanan Muba Siaga 112 Sabet Penghargaan Internasional
RMOLSumsel. Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), yang dikenal dengan nama Muba Siaga 112,  meraih Medali Perak Contact Centre World  Asia Pasific (CCW-APAC) 2019 yang berlangsung  tanggal 15 -19 Juli 2019 di Hotel JW Marriott Phuket Thailand.

Penghargaan ini sekaligus sebagai bukti Layanan Muba Siaga 112 telah diakui secara internasional,  standar  operasional prosedur telah sesuai dengan mekanisme yang digunakan.

"Dengan demikian  diharapkan menjadi refrensi bersama dengan OPD lainya untuk acuan dalam peningkatan kualitas layanan publik kepada warga sesuai dengan standar kelas dunia," kata Kepala Dinkominfo Muba Herryandi SinulinggaAP, Minggu (21/7).

Ia  menjelaskan Tim Dinkominfo Muba hadir di tengah  ratusan praktisi layanan pusat panggilan (Contact Centre Service) dari berbagai negara Asia Pasifik seperti: Thailand, Hongkong, China, Pakistan, Jepang, Malaysia, Philipina, Fiji, Australia, Bangladesh, dan Indonesia.

Sinulingga mengatakan pada ajang itu setiap delegasi diberikan kesempatan untuk tampil mempresentasikan Best Practice Contact Centre Service di hadapan delegasi peserta konferensi lainnya secara bergantian.  Tim Dinkominfo Muba  mendapatkan kesempatan presentasi pada Kamis pagi 17 Juli 2019 pada kategori Best Practice - Emergency Service Centre.

"Tim Dinkominfo Muba telah mempresentasikan Layanan Muba Siaga 112 sebagai suatu praktik pemberian layanan pusat panggilan darurat yang terintegrasi tanpa dikenakan biaya telepon (gratis) dan beroperasi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Dimana Petugas selalu stand by untuk menerima panggilan telepon darurat dan akan diteruskan ke perangkat daerah/instansi kerja terkait untuk menangani situasi darurat seperti : kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam, penanganan masalah kesehatan, kekerasaan atas perempuam dan anak, gangguan keamanan dan ketertiban umum, dan keadaan darurat lainnya", jelas Sinulingga.

Keunikan Layanan Muba Siaga 112 ini, kata Sinulingga, adalah adanya komitmen yang kuat dari Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin yang menginginkan terwujudnya Muba Smart Regency secara bertahap dan berkesinambungan guna mendukung visi Muba Maju Berjaya 2022. Sebagai langkah awal Muba telah memiliki Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 yang merupakan bagian dari layanan "Muba Fast Track" bertujuan untuk menjadi saluran komunikasi yang dapat menjangkau seluruh masyarakat Muba jika mengalami suatu kondisi darurat, kemudian langsung dapat direspon dengan cepat dan segera ditindaklanjut bersama perangkat daerah/instansi terkait.

Sinulingga menyadari memang bukan sesuatu yang mudah  menerapkannya sebab  Kabupaten Muba memiliki luas wilayah 14.477 KM2. "Wilayah yang luas ini  mempunyai tantangan tersendiri untuk itu perlu dibangun strategi khusus agar layanan ini tetap berjalan dengan optimal.  Oleh karena itu, guna menjaga komitmen terhadap layanan ini telah diundangkan Peraturan Bupati Muba Nomor 71 Tahun 2018," tegasnya.

"Pada Malam Awards Gala Dinner CCW APAC 2019 telah diumumkan Top Ranking Performers dari
30 Kategori Best Practice dan Tim Dinkominfo Muba yang mempresentasikan Layanan Muba Siaga 112 mendapatkan Medali Perak kategori Best Practice Emergency Service Centre. Direncanakan setelah kembali ke Muba penghargaan tersebut akan diserahkan langsung ke  Bupati Muba", pungkas Sinulingga.

Sementara itu, President ContactCenterWorld.com Raj Wadhwani yang hadir pada CCW APAC 2019 mengatakan ia berterima kasih kepada para delagasi yang telah hadir pada acara CCW APAC Conference di Phuket Thailand. Raj berpesan banyak manfaat yang didapat dari ajang ini, seperti dapat bertemu dengan Praktisi Terbaik Layanan Pusat Kontak yang berasal dari puluhan negara di Kawasan Asia Pasifik untuk saling berbagi ide, pengalaman dan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan serta menjadi jaringan global untuk Praktisi Terbaik Layanan Pusat Kontak dan Keterlibatan Pelanggan yang berasal dari lebih 200 Negara diseluruh penjuru dunia. "Semua yang hadir presentasi pada CCW APAC di Phuket adalah yang terbaik di Asia Pasifik dan merupakan bagian yang terbaik di dunia. Namun  bagi yang mendapatkan penghargaan akan berkesempatan mengikuti Konferensi Tingkat Global pada Desember 2019 di Barcelona Spanyol," kata Raj Wadhwani.

Tim Dinkominfo Muba yang hadir menjadi delegasi Pemkab Muba mengikuti CCW APAC 2019 terdiri dari : Sekretaris Dinkominfo Muba Dicky Meiriando, Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik Tri Nurhayani, Kepala Seksi Hubungan Media Achmad Kartiko Buwono dan Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Media Komunikasi Mustito. Tim Dinkominfo Muba sebagai delegasi Pemkab Muba hadir bersama delegasi lainnya yang berasal dari Indonesia seperti : Pemerintah Kota Manado, Telkom Indonesia, Bank Indonesia, Kereta Api Indonesia, BCA, Telkomsel, Tokopedia, OJK, Kementerian Kesehatan, Infomedia Solusi Humanika dan GOJEK Indonesia. [ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00