Perusahaan Minta Suvervisi, BRG RI Akan Temui Bupati Banyuasin

Daerah  SABTU, 20 JULI 2019 , 19:30:00 WIB | LAPORAN: BUBUN KURNIADI

Perusahaan Minta Suvervisi, BRG RI Akan Temui Bupati Banyuasin
RMOLSumsel. Banyaknya permintaan Perusahaan untuk di Suvervisi. Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia, siap bertemu Bupati Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

" Kita telah lakukan suvervisi ke beberapa perusahaan dan saat ini juga permintaan untuk suvervisi makin banyak dari perusahaan." Kata Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG Myrna A Safitri, Sabtu (20/7). pada kegiatan BRG RI yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pertanian PBNU,  Doa Bersama memasuki musim kemarau dan sosialisasi pengolahan lahan gambut tanpa Bakar di Pesantren Al-Itihaad Islamic Center, Desa Mulia Sari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan.

Dia juga menerangkan, saat ini Kabupaten Banyuasin juga merupakan wilayah yang masuk dalam daftar wilayah restorasi gambut yang pihaknya telah lakukan. Untuk itu, respon positif dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin merupakan suatu hal yang baik dalam percapaian dalam merestorasi lahan Gambut yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

" Besok lusa, pihak kami akan bertemu langsung dengan Bupati Banyuasin." Terangnya

Tindakan Suvervisi yang dilakukan pihaknya masih sah diartikan oleh pihak perusahaan, mereka berasumsi suvervisi merupakan suatu pengawasan. Namun sebenarnya perintah dari Presiden RI, Joko Widodo, suvervisi yang BRG RI lakukan merupakan pemberian asitensi agar kegiayan Hidrologinya dapat berjalan dengan baik.

" Presiden perintahkan kami bekerja untuk cepat, Jadi pihak kami juga masih harus menyiapkan lebih banyak ahli Gambut dan Ahli Hidrologi. Salah satu ahli juga dari Universitas Sriwijaya kita turunkan." Jelasnya

Selain itu, anggaran yang dikucurkan oleh pihak BRG RI untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan  tahun 2019 mencapai Rp. 28.421.283.000. Dari dana yang telah di anggaran itu akan dikucurkan secara langsung kepada kelompok-kelompok masyarakat dalam perestorsian gambut yang dilakukan.

" Untuk di Kabupaten Banyuasin sudah ada kita bentuk satu Desa Peduli Gambut. " Jelasnya

Sementara itu, Sekertaris Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD)Provinsi Sumatera Selatan, Eko Agus mengatakan dalam pelaksaannya puhaknya telah melakukan beberapa langkah untuk melakukan restorasi secara berkala di beberapa wilayah yang ada di Sumatera Selatan. Salah satunya dengan mengucurkan dana yang besarannya 200 hingga 300 juta dalam repitalisasi ekonomi produktif masyarakat agar restorasi gambut dapat terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga pendapatan ekonomi masyarakat juga bertambah.

" Ada satu Desa di Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin ini, yang telah mendapatkan bantuan dana hampir 200 Juta." Singkat Eko Agus Sugianto yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif. [yip]

Komentar Pembaca
Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00

Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00