Ubah Seluruh Format MOS

Oleh: Harris Suprapto

Kriminal  SABTU, 20 JULI 2019 , 18:40:00 WIB

Ubah Seluruh Format MOS

Herman Deru saat melayat/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Kegiatan orientasi siswa baru di SMA Taruna Indonesia yang menewaskan dua korban, yakni Delwyn Berli Juliandro dan Wiko Jerianda yang diduga mengalami tindak kekerasan, membuat Gubernur Sumsel Herman Deru turun tangan mengambil sikap.

Sebab menurut Deru, dari rentetan kejadian kekerasan dalam masa orientasi siswa baru atau ospek, kerap disalah artikan oleh para senior ataupun pihak sekolah untuk mendidik peserta didik baru dengan kekerasan. Padahal hal itu sudah bukan zamannya lagi.

"Ini menjadi pelajaran untuk menuntut kedisiplinan tidak dengan kekerasan. Untuk Sumsel, seluruh format MOS akan saya ubah. Tidak bisa hanya menekankan satu titik kedisiplinan, karena MOS itu pembauran antara senior dan junior. Nanti kita ubah namanya, sudah berapa kali terjadi," katanya, Sabtu (20/7).

Disamping itu dirinya juga menekankan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap SMA Taruna Indonesia dengan melibatkan beberapa unsur, seperti masyarakat, dewan pendidikan, namun tetap dikomandoi Disdik Sumsel.

Tim yang dibentuk tersebut bertujuan menyelidiki kasus meninggalnya dua siswa taruna usai menjalani ospek. Menurut Deru, penting bagi tim ini melihat apakah ada unsur kesengajaan dari lembaga hingga menjadi penyebab korban meninggal dunia. "Saya tidak mau lama, saya kasih seminggu saja, tim ini bekerja untuk mencari fakta-fakta sebenarnya mengenai sekolah ini," tandasnya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo mengatakan bahwa tim investigasi yang dipimpin dirinya sudah bergerak melakukan penyelidikan tentang sekolah dan kegiatan yang kerap dilakukan oleh para siswa baru.

"Untuk investigasi sudah berjalan dari kemarin. Cuma pak Gub minta penambahan melibatkan unsur element masyarakat dalam tim ini," imbuhnya.[sri]





 

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00