Dewan Pertanyakan IMB RS Hermina Keluar Tanpa Amdal

Politik  JUM'AT, 19 JULI 2019 , 21:50:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Dewan Pertanyakan IMB RS Hermina Keluar Tanpa Amdal

Ketua Komisi III DPRD Kota Palembang, H. Ali Syaban./RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, melalui komisi III nya kembali menemukan pembangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yangi dikeluarkan tanpa melalui prosedur yang diatur Peraturan Daerah (Perda).

Adapun bangunan yang kini dipersoalkan adalah, bangunan lanjutan untuk gedung parkir dan ruang rawat inap Rumah Sakit (RS) Hermina, yang terletak di Jl. Jend. Basuki Rachmat, Pahlawan, Kecamatan Kemuning Palembang.

Ketua Komisi III, H.Ali Sya'ban menerangkan, rapat yang diadakan hari ini, merupakan tindak lanjut dari pantauan yang dilakukan pihaknya di lapangan.

Dimana, pembangunan lanjutan RS Hermina, diketahui tidak melalui prosedur yang benar dan tidak memiliki perizinan yang sesuai dengan Perda. Karena, dari temuan, penerbitan IMB dilakukan tanpa ada Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) lingkungan.

"Kami mengumpulkan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dan meminta konfirmasi terkait dengan prosedur perizinan yang dilakukan RS Hermina. Karena, dari temuan kami dilapangan, pembangunan RS ini tidak melalui tahapan-tahapan yang benar. Seperti, adanya Amdal Lalin dan amdal lingkungan hingga keluar IMB," terangnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menambahkan, hari ini pihaknya sengaja memeriksa satu persatu berkas yang dimiliki RS Hermina dan melibatkan OPD terkait. Sehingga, disimpulkan jika IMB yang dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), keluar tanpa terlebih dahulu ada kajian amdal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang.

Karena, secara aturan harus ada amdal, jelas perizinan diragukan. Harusnya Amdal dulu baru IMB.

"Setelah dua kali melakukan rapat bersama dengan mitra kerja serta pihak manajemen RS Hermina, kami memastikan bahwa IMB dimiliki RS Hermina  melanggar aturan. Kami akan segera merekomendasi untuk penyetopan pembangunan lahan parkir milik RS Hermina tersebut," tandasnya. [sri]








Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00