Pelajar Mura Bakal Jalani Tes Urine

Laporan: Irhamudin Sutan Parmato

Daerah  JUM'AT, 19 JULI 2019 , 13:14:00 WIB

Pelajar Mura Bakal Jalani Tes Urine
RMOLSumsel. Untuk mencegah penyalahgunaan narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) di kalangan pelajar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Musi Rawas (Mura) beserta Dinas Pendidikan melakukan kerjasama.

Kerjasama yang dimaksud, agar pihak sekolah lebih proaktif dalam kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Di antaranya, menambahkan materi tentang bahaya narkoba serta pencegahan penyalahgunaannya.

Penandatanganan  kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BNN Hendra Amoer dan Plh Kadisdik Kabupaten Mura Hartoyo, dengan disaksikan Bupati H Hendra Gunawan di SMA Negeri Muara Beliti, Kamis (18/7).

Hendra Amoer kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Jum'at (19/7),  membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, MoU tersebut merupakan salah satu realisasi dari program Pen cegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba ini harus melibatkan semua pihak termasuk lembaga pendidikan, baik guru sebagai pendidik maupun siswa sebagai peserta didik,"jelasnya.

Karena kata Hendra, saat ini para pelaku penyalahgunaan Narkoba cenderung menyasar korban dari kalangan generasi muda yang notabene adalah pelajar.

"Jika merunut kepada Inpres Nomor 6 Tahun 2018, maka pendidik dan peserta didik wajib terlibat dan aktif dalam kegiatan pencegahan bahaya  dan penyalahgunaan Narkoba," jelasnya.

Hendra menambahkan, dalam kerjasama yang disepakati bukan hanya dalam konteks pemberian materi saja, namun juga menggalakkan kegiatan ekstrakurikuler dengan tema anti Narkoba.

Bahkan jika memungkinkan akan dilakukan test urine, sebagai salah satu antisipasi encegahan penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar. Karena kata dia, pernah ada kasus, pelajar SMA di Mura kedapatan  positif ada kandungan Narkoba saat melakukan test urine.

"Kita ingin generasi muda di Mura benar-benar bebas dari pengaruh Narkoba dan langkah awal yang kita lakukan dengan melakukan sosialisasi langsung kepada kalangan pelajar,"terangnya. [ida]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00