Dua Kecamatan di Lahat Rawan Karhutla

Daerah  RABU, 17 JULI 2019 , 21:45:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Dua Kecamatan di Lahat Rawan Karhutla

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Dua kecamatan di Kabupaten Lahat masuk kategori rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Kedua kecamatan yakni Kecamatan Gumay Talang dan Kecamatan Merapi Selatan yang menjadi perhatian khusus pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

 

Kepala BPBD Lahat,  Marjono kepada wartawan menuturkan, 2 kecamatan yang menjadi perhatian khusus pihaknya saat memasuki bulan kemarau. Mengingat dua kecamatan itu dinilai rawan terjadi kebakaram hutan.

 

"Kita saat ini masih bersiaga dan memantau terjadinya Karhutla. Mengingat beberapa pekan terakhir hujan tak kunjung turun. Kondisi ini sangat rentan terjadi Karhutla," ujar Marjono, Selasa (16/7).

 

Menurut Marjono, pembukaan lahan pertanian oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara membakar hutan. Menjadi faktor utama penyebab terjadinya kebakaran hutan.

 

Selain itu bisa juga karena terbakar oleh teriknya matahari. Seperti tahun sebelumnya, kebakaran di kawasan Bukit Serelo terbakar, dan kawasan hutan di sepanjang jalan lintas Gumay Ulu yang sulit dipadamkan.

 

"Camat dan Kades dihimbau untuk berperan aktif mengingatkan warga, agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar," sampainya. [irm]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00