ASN Harus Partisipasi Cegah Karhutlah

Politik  RABU, 17 JULI 2019 , 12:50:00 WIB

ASN Harus Partisipasi Cegah Karhutlah
RMOLSumsel. Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) telah menjadi salah pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Harapan tersebut akan terwujud jika dalam diri Aparatur Sipil Negara (ASN) tertanam motivasi kerja dan terpatri komitmen, untuk selalu melakukan yang terbaik bagi kepentingan rakyat disertai peningkatan disiplin dan profesionalisme untuk mencapai target kinerja.

Demikian disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba, H Rusli SP MM selaku Pembina Apel pada Upacara Bulanan Rutin Korpri, Rabu (17/7/2019) di Halaman Kantor Pemkab Muba.

"Saya mengajak pihak terkait untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam kegiatan usaha budidaya, penangkapan dan pengolahan ikan sehingga apa yang kita harapkan dapat terwujud, "kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Tambahnya, "Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini masih banyak sekali petani membuka lahan dengan upaya membakar lahan tersebut. Untuk itu perlu saya ingatkan kembali dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) telah dipersiapkan dengan matang oleh pemerintah, "ujarnya

Rusli juga menegaskan, pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutlah menjadi salah satu program prioritas nasional. Untuk mendukung pencapaian program nasional bidang Karhutlah, perlu disusun strategi yang kuat sehingga semua program dapat terealisasi dengan baik.

Karena kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan menjadi program prioritas nasional, maka dalam pelaksanaanya juga harus menjadi prioritas.

Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak dilakukan sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Awasta, dan Masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan amanat Inpres Nomor 16 tahun 2011 tentang Peningkatan Pengendalian Karhutlah yang telah menginstruksikan kepada 15 kementerian/lembaga termasuk Gubernur dan Bupati/Walikota untuk melakukan tugas pengendalian Karhutlah di wilayahnya masing-masing.

"Pada kesempatan saya mengajak kepada seluruh jajaran, instansi pemerintah, swasta dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan kita dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Melalui upacara ini sekali lagi saya menghimbau seluruh unsur yang hadir agar bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas untuk dapat melakukan kegiatan pemadaman, patroli dan mensosialisasikan seruan di lapangan kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan serta upaya lain produktif yang dapat mengurangi dan mencegah terjadinya  pembakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Sementara untuk petugas apel rutin korpri  yang bertindak sebagai perwira apel Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Muba H Abdul Mukohir APi MSi, selaku Pemimpin Apel Plt Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muba Sumartono SE MSi, Pembaca teks UUD Negara RI tahun 1945 yaitu Kasi Perizinan dan Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan Kabupaten Muba  Ir Dahlia Tamarini MSi, pembaca panca prasetya Korpri Staf Pembinaan Pengembangan Usaha Bidang Usaha Produksi Dinas Perikanan Kabupaten Muba M Risqi Syahputra SSos MSi dan pembaca Do'a Penyuluh Pertanian Madya Dinas TPHP Kabupaten Muba Muhammad Syafei SP.[sri/rel]






Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00