Jokowi Bakal Pertahankan Menteri Loyal

Politik  SELASA, 16 JULI 2019 , 18:15:00 WIB

Jokowi Bakal Pertahankan Menteri Loyal
RMOLSumsel Ada menteri yang akan dipertahankan Jokowi di pemerintahannya kedepan. Faktor loyalitas dan kinerja akan menjadi pertimbangan utama bagi Presiden Joko Widodo .

Begitu kata peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes menanggapi pengakuan Jokowi yang akan mempertahankan sejumlah menterinya di periode kedua.

Menurutnya, mantan walikota Solo itu juga bisa mempertahankan menteri dari parpol yang profesional sebagai jalan tengah. Sehingga dengan jaringan yang kuar di partai bisa membuat kebijakan-kebijakan strategis didukung oleh dewan.

"Artinya dia orang partai, tetapi punya kompetensi yang baik di bidangnya, jadi politisi professional. Ini akan menjadi jalan tengah,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (16/7).

Tidak hanya itu, Jokowi juga akan mempertimbangkan faktor kerja sama tim para menteri tersebut. Jika ada kecocokan, maka menteri-menteri itu kemungkinan besar akan dipertahankan.

Sementara itu, politisi PPP Amir Uskara mengakui ada beberapa menteri yang masih layak menjabat. Menurutnya, tidak sedikit menteri Jokowi yang sukses dalam periode pertama.

Kalau saya lihat masih cocok dan kompeten. Menurut saya dipertahankan karena terbukti bagus kinerjanya," imbuhnya.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Abdul Kadir Karding meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk tetap menyembunyikan nama menteri yang akan dipertahankan. Dikhawatirkan jika nama disebut maka akan menjadi bahan menaikkan pamor atau juga menjatuhkan seseorang.

"Ada beberapa orang yang betul-betul bekerja keras dan betul-betul penuh kesungguhan,” pungkasnya.[sri]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00