Sepi Penumpang, Bus Bantuan Dephub Hanya Diparkir Saja

Politik  SELASA, 16 JULI 2019 , 16:40:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Sepi Penumpang, Bus Bantuan Dephub Hanya Diparkir Saja

Bus bantuan dari Departemen Perhubungan terparkir di halaman Kantor Dishub Lahat/rmolsumsel.

RMOLSumsel. Sejumlah bus angkutan bantuan dari Departemen Perhubungan hanya parkir saja di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Lahat. Tidak beroperasinya bus, dikarenakan sepinya penumpang untuk memanfaatkan transportasi yang tidak dipatok tarif tersebut.

Plt Kepala Dishub Lahat, Indaharmasyah mengatakan, bus bantuan dari Departemen Perhubungan pada tahun 2015 itu, sebanyak 3 unit bus angkutan, yakni rute jurusan Pasar Lahat -  Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, di Pasar Lahat  - Kecamatan Gumay Talang, dan Pasar Lahat - Merapi.

Sedangkan tahun 2019, kembali mendapatkan bantuan satu unit bus sekolah.
Hanya saja, sejak tahun 2017 lalu tidak lagi dioperasikan karena tidak adanya penumpang, yang membuat tidak tercukupinya biaya operasional bus yang diperuntukan kepada masyarakat umum dan anak sekolah tersebut.

"Tidak ada penumpangnya,  Bus sepi untuk beli bahan bakarnya saja tidak cukup,  padahal kita tidak mematok tarif bagi penumpang," ujarnya.

Padahal, lanjut Indaharmasnyah, para sponsor telah menyediakan halte di beberapa titik. Seperti, di dalam kota sebanyak 3 titik dan 2 titik di kecamatan.

"Haltenya dibangun oleh sponsor. Jadi sekarang kalau masyarakat mau pinjam silahkan, sopir dan bahan bakarnya siapkan sendiri kala terjadi kerusakan ditanggung oleh yang pinjam," tandasnya.[sri]


Komentar Pembaca
Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00

Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00