Prihatin Dengan Masyarakat, Disdukcapil Usulkan Ruang Pelayanan

Daerah  SENIN, 15 JULI 2019 , 08:59:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Prihatin Dengan Masyarakat, Disdukcapil Usulkan Ruang Pelayanan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Percepatan pelayanan adiministrasi kependuudukan (Adminduk) yang dilakukan oleh Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam masih terus digenjot meskipun berdasarkan data saat ini sudah 90 persen wajib KTP Kota Pagaralam sudah memiliki KTP Elektronik (KTP-el).

Informasi RMOL Sumsel, kini dalam satu jari hanya ada 10 -50 masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk mendapatkan pelayanaan KTP-el dari mulai perekaman hingga perbaikan serta perubahan status.

Demikian juga dengan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) dari hasil layanana rekamanan sejak digaungkan program KIA dua tahun lalu pencapaiannya menujukkan peningkatan.

 Dua tahun lalu penerbitan KIA mengalami peningkatan yang jumlahnya saat ini tembus sekitar 16.640 keping,ā€¯ungkap Kadisdukcapil Kota Pagaralam melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Surono Kepada RMOLSumsel.

Dikatakan Surono,peningkatan ini juga merupakan bentuk kesadaran masyarakat Kota Pagaralam yang sudah mulai sadar pentingya Adminduk, ditambah lagi dengan progaram jemput bola yang dilakukan oleh Disdukcapil hingga ke RT bahkan ke Sekolah-sekolah.

Akan tetapi, Ucap Surono, seiring dengan kesadaran masyarakat yang sadar dengan Adminduk tersebut, Disdukcapil Kota Pagaralam sendiri belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang datang langsung ke Disdukcapil.

Pasalnya, Disdukcapil belum memiliki gedung atau ruang khusus bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan sehingga terpaksa harus menunggu (antri) diluar melalui jendela kantor.

"Dan ini tidak sedikit menjadi keluhan bagi masyarakat, terlebih bagi orang tua yang membawa anak kecil, belum lagi ditambah dengan cuaca yang tidak stabil kadang panas dan kadang hujan,"ujarnya. [irm]

Berdasarkan hal itulah,Kata Surono,tahun ini melalaui APBD Kota Pagaralam Disdukcapil mengusulkan kepada Dinas PU untuk pembangunan gedung atau ruang khusus pelayanan.

"Karena kesadaran masyarakt akan Adminduk juga harus diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan atau nyaman,"pungkasnya.[irm]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00