Kembangkan Bibit Duku Kepayang

Sosial  JUM'AT, 12 JULI 2019 , 13:34:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Kembangkan Bibit Duku Kepayang

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Bagi penduduk di Provinsi Sumatera Selatan, tidak asing lagi dengan buah duku. Untuk di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), duku daerah Kepayang yang tumbuh di Kecamatan Peninjauan, cukup terkenal karena rasanya yang manis.

Nah, untuk menjaga kesinambungan produksi buah duku ini perlu ada budidaya tanaman buah asal Kepayang ini. Bila tidak dilakukan, dikhawatirkan varietas tanaman buah duku berbuah manis ini terancam habis atau hilang.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten OKU Joni Saihu mengatakan, buah duku asal Kepayang ini tengah dilakukan upaya untuk dibudidayakan.

Buah duku asal Kepayang ini diharapkan bisa tetap lestari di masyarakat,” sebut Joni, dikonfirmasi, Minggu (7/7).

Dinas Pertanian OKU, sebutnya, sudah melakukan budidaya dengan memperbanyak bibit buah duku asal Kepayang ini.

Sebanyak 500 bibit buah duku Kepayang ini dibudidayakan atau dikembangkan. Tujuannya, untuk menjaga eksistensi buah duku tetap bisa dikembangkan para petani dan masyarakat.

Pengembangan duku ini diperbanyak dengan menggunakan sistim grabting atau sambung. Karena untuk tanaman duku, menurutnya, sulit untuk tumbuh jika menggunakan sistem tempel. Berbeda dengan pengembangan buah durian yang menggunakan sistem tempel.

Disebutnya, untuk tanaman duku Kepayang ini sudah diperbanyak. Tinggal menunggu untuk dilakukan ujicoba ditanam pada daerah atau tempat lain. Karena bila hasilnya tidak sama, bisa jadi ada faktor lain, seperti pengaruh struktur tanah.[sri]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00