Waduh! Banyak Kokain Terdampar di Pantai..

On The Spot  KAMIS, 11 JULI 2019 , 14:14:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Waduh! Banyak Kokain Terdampar di Pantai..
RMOLSumsel. Penemuan narkotika bernilai miliaran rupiah sudah pasti menghebohkan masyarakat. Apalagi itu sering terjadi selama beberapa bulan terakhir. Yang terbaru ditemukan 7 bongkah kokain di pantai di Provinsi Quezon, Filipina, Minggu (7/7).

Dikutip dari BBC News Indonesia, Kamis (11/7), sebanyak 39 bongkahan serupa dengan nilai lebih dari US$4 juta (Rp56,9 miliar) ditemukan oleh nelayan pada Mei lalu.

Kepolisian menyatakan bahwa ada kemungkinan narkoba itu hanyut ketika sedang diselundupkan ke Australia, tempat kokain sangat dicari. Hingga kini belum ada jawaban pasti mengapa paket narkoba yang dibungkus rapi itu bermunculan di pesisir.

Pada Minggu lalu, satu keluarga sedang piknik di tepi laut di daerah Mauban, Provinsi Quezon. Tiba-tiba mereka melihat ada tujuh benda mengapung dekat pantai. Mereka mengambilnya dan setelah menyadari apa isinya, penjual ikan bernama Ruel Perez segera menghubungi polisi.

Kepala Kepolisian Quezon Kolonel Ramil Montilla mengatakan kepada Manila Bulletin, paket-paket itu berisi bubuk putih, yang dibungkus dengan selotip dan menampilkan logo minuman energy.

Isi paket-paket itu sedang diuji, namun menurut Kolonel Montilla, jika terbukti kokain, nilainya jika dijual di pasar gelap berkisar sekitar 35 juta peso (Rp9,7 miliar).

Jumlah itu terbilang sedikit jika dibandingkan dengan temuan pada Februari lalu. Kala itu, selama sepekan, bongkahan-bongkahan kokain yang ditaksir bernilai 472 juta peso ditemukan di pesisir empat provinsi, Dinagat Islands, Surigao del Norte, Camarines Norte, dan Quezon.

Temuan itu mendorong kepolisian di daerah Caraga, di Provinsi Surigao del Norte, menawarkan warga sekarung beras untuk setiap bongkahan kokain yang diserahkan.

Menurut Badan Statistik Filipina, harga satu kilogram beras setara dengan US$0,68 atau Rp9.600.

Selang tiga bulan kemudian, nelayan menemukan 39 bongkah kokain ketika mereka sedang mencari ikan di perairan Provinsi Sorsogon. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00