Kebakaran Hebat, 532 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Laporan: Haris Suprapto

Sosial  RABU, 10 JULI 2019 , 21:41:00 WIB

Kebakaran Hebat, 532 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal
RMOLSumsel. Bencana kebakaran yang terjadi di Jalan Kemas Rindo, Lorong Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Palembang, Rabu (10/7) menyebabkan sedikitnya 532 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Menurut data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, 532 jiwa tersebut tergabung dalam 131 kepala keluarga (KK) yang tersebar di empat RT dalam wilayah tersebut, yakni RT 25, 26, 27, 28.

Yang terdampak dalam kebakaran ini sebanyak 107 rumah,” ujar Ansori, Kabid Penanggulangan Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel.

Sementara itu saat kejadian sejumlah warga sempat mendengar tiga suara ledakan dan saat berhamburan keluar rumah, api sudah membesar. Lalu dengan alat seadanya warga bergotong-royong memadamkan api.

Namun api yang sudah membesar terus memberangus bangunan yang umumnya terbuat dari kayu dan ditambah derasnya angin membuat kobaran api dengan cepat menjalar ke sejumlah rumah warga. Selain itu sempitnya akses juga cukup menyulitkan petugas pemadam menuju titik api.

Kasim, selaku Ketua RT28 mengatakan, api diduga berasal dari kediaman Asmawati yang meninggalkan rumah dengan kompor gas dalam keadaan menyala. "Pemilik rumah pergi dengan kompor gas menyala, karena sedang masak. Akibatnya rumahnya terbakar dan terdengar suara ledakan hingga tiga kali," ucapnya.

Sementara itu Kapolsek Kertapati Palembang AKP Polin Eternal Agustinus Pakpahan membenarkan adanya bencana kebakaran tersebut dan saat ini pihaknya masih melakukan olah TKP serta mengumpulkan sejumlah keterangan saksi guna mencari penyebab kebakaran.

"Asal api dan kerugian belum dapat dipastikan karena sejauh ini masih dilakukan olah TKP. Hanya saja diperkirakan ada sekitar 100 unit rumah menjadi korban dalam peristiwa ini,” tandasnya. [yip]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00