Sangat Loyal, Tito-Hadi Berpeluang Dijadikan Menteri

Politik  RABU, 10 JULI 2019 , 08:46:00 WIB

Sangat Loyal, Tito-Hadi Berpeluang Dijadikan Menteri
RMOLSumsel. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin  memberikan pandangannya mengenai Kabinet Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. Ia melihat ada dua jenderal yang sangat loyal, yaitu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Dua-duanya kan loyalis Pak Jokowi, ya. Ketika hak prerogatif diberikan ke Pak Jokowi, peluang keduanya besar," kata Ujang seperti dikutip dari JPNN, Rabu (10/7).

Menurut Ujang, jika Panglima TNI dan Kapolri nantinya dipilih menjadi menteri, hal itu wajar. Dalam sejarah pemerintahan, sejumlah mantan Panglima TNI acap kali ditunjuk sebagai menteri.


"Mantan panglima banyak jadi menteri. Seperti Pak Wiranto. Itu suatu kewajaran. Begitu pun Pak Tito kalau menjadi menteri. Sebab Pak Tito dalam konteks tertentu berhasil mengamankan kebijakan Pak Jokowi. Keduanya memiliki peluang besar," ungkap dia.

Ujang menyebutkan, Jokowi bisa menempatkan Marsekal Hadi sebagai menteri pertahanan. Mengacu rekam jejak dari militer, jabatan menhan ialah pilihan logis untuk Hadi.

"Cuma bisa juga ditempatkan di menko polhukam," ucap dia.

Sementara itu, ungkap Ujang, Jokowi bisa menempatkan Jenderal Tito sebagai menteri dalam negeri. Di jabatan tersebut, Jenderal Tito bisa membenahi aparatur pemerintah daerah.

"Kalau Pak Tito bisa di mendagri. Itu bisa jadi tugas Pak Tito menyelesaikan persoalan di pemda. Bisa juga di Pak Tito sebagai , menteri perhubungan. Kan menteri sifatnya politik. Tergantung presiden," pungkas dia. [ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00