Penyedia Gergaji Untuk Napi Kabur Juga Ditangkap

Laporan: Haris Suprapto

Kriminal  SENIN, 08 JULI 2019 , 19:04:00 WIB

RMOLSumsel. Selain menangkap David Haryono alias Ono, satu dari empat narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Pakjo Palembang, kepolisian juga mengamankan seorang wanita diduga menyediakan gergaji kepada para pelaku.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel Sudirman D Hury menjelaskan, saat penyergapan di sebuah rumah di kawasan Kertapati Palembang, selain mengamankan David Haryono, tim gabungan juga mengamankan seorang wanita, Sabtu (6/7).

Wanita tersebut bernama Caca, diduga dia lah uang memberikan gergaji kepada pelaku dan dipakai untuk memotor terali besi untuk dapat melarikan diri,” ujar Sudirman.

Dirinya menjelaskan, penangkapan terhadap David, narapidana kasus kepemilikan 3 kg shabu dan telah dihukum 20 tahun penjara tersebut berawal saat petugas mendapat informasi bahwa pelaku sedang berada di rumah kerabatnya di kawasan Kertapati.

Mendapat informasi tentang keberadaan pelaku, lalu tim langsung melakukan upaya paksa dengan menggerebek rumah yang ditumpangi tersangka,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan terhadap David, dirinya melanjutkan, anggota sempat mendapat informasi tentang keberadaan dua tahanan lainnya, yakni Feri dan Subhan. Namun saat dilakukan penyergapan keduanya sudah tidak berada di tempat.

Didapat keterangan bahwa Feri dan Subhan berada di rumah saudaranya Subhan. Namun mereka sudah tidak berada di tempat itu lagi dan informasi pemilik rumah, pada 5 Juli keduanya sempat datang,” imbuhnya.

Akan tetapi, mengetahui keduanya kabur dari penjara, pemilik rumah yang merupakan kerabat dari Subhan tersebut menyarankan agar keduanya pergi. Namun pemilik rumah tidak mengetahui arah keduanya pergi.

Sementara itu napi lainnya yang bernama Syarif Hidayat memilih menyerahkan diri dengan diantar oleh anggota keluarganya ke LP Pakjo. Adapun David, Syarif, Feri dan Subhan diketahui kabur dari LP Pakjo, pada 5 Juli.

Keempat warga binaan kasus narkoba ini melarikan diri dengan cara memotong besi terali, lalu memanjat pagar menggunakan kain sarung yang disambung dan kemudian memotong kawat berduri dari bagian pos jaga yang tak lagi terpakai. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00