YLKI Lahat Desak Bentuk BPSK

Daerah  SELASA, 02 JULI 2019 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

YLKI Lahat Desak Bentuk BPSK
RMOLSumsel. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, mendesak kepada Pemerintah Kabupaten Lahat untuk segera menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di daerah. Karena, semakin banyak keluhan konsumen tentang pelayanan berbagai perusahaan.

"Fungsi dan kehadiran BPSK ini menjadi mendesak manakala  permasalahan konsumen kian meningkat, menjadi sebuah gagasan yang wajib ditindaklanjuti oleh pemerintahan daerah" papar Sanderson Syafe'i, Ketua YLKI Lahat Raya, Sanderson Syafe'i, dua hari lalu.

Sanderson mengaku sering mendapat laporan dan keluhan langsung dari masyarakat sebagai konsumen, soal banyaknya komplain pelayanan dari berbagai perusahaan.

BPSK, kata Sanderson bisa menjadi salah satu upaya memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat dengan mengurangi gesekan” antara produsen dengan konsumen, terlebih kini pertumbuhan industri di Lahat makin pesat.

Contoh, kasus fidusia pada bisnis lising hampir semuanya merugikan konsumen. Keberadaan BPSK akan membantu konsumen yang mengalami masalah karena konsumen sebagai pelaku bisnis dan penggerak utama perekonomian harus mendapatkan perlindungan negara,” tukasnya.

Sanderson mengutarakan, dengan kehadiran lembaga tersebut, persoalan sengketa dan keluhan warga sebagai konsumen yang merasa dirugikan dapat tuntas dilerai dan diselesaikan untuk menciptakan kepastian hukum bagi konsumen dan dunia usaha.

"Bisa memberikan perlindungan secara lebih kepada konsumen. Targetnya adalah melindungi konsumen. Tapi nanti tindak lanjutnya tetap pihak berwajib, dengan BPSK ini dapat mengurangi kerawanan itu," ujar Sanderson. [yip]

Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00