Kemarau, Polres OKU Waspada Karhutlah

Daerah  SELASA, 02 JULI 2019 , 15:14:00 WIB

Kemarau, Polres OKU Waspada Karhutlah

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Masuknya musim kemarau menjadi perhatian khusus pihak Polres Ogan Komering Ulu (OKU). Ini karena berkaitan dengan potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sesuai dengan arahan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Firli, M.Si., kita harus antisipasi terjadinya karhutla di Kabupaten OKU,” kata Kapolres AKBP NK Widayana.

Bentuk pencegahan yang dilakukan, menurut Kapolres dilakukan melalui 3 pilar yang ada ditengah masyarakat yakni Babinsa, Babinkamtibmas dan aparatur desa.

Kita setiap hari terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemasangan banner dan door to door ke masyarakat, dan ini setiap hari dilaporkan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas,” jelasnya.

Di Kabupaten OKU sendiri menurut Kapolres telah ada Satgas Karhutla yang diketuai oleh Dandim 0403/OKU dan Kapolres OKU selaku wakil ketua. Juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten OKU.

Terkait sanksi, Kapolres menjelaskan bahwa sanksi akan diberikan secara tegas namun akan tetap dilakukan secara humanis, dan akan dilihat sejauh mana tujuan karhutla.

Jika hanya membakar jerami padi, akan dipanggil untuk efek jera dan peringatan serta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi.

Kalau sudah unsur kesengajaan membakar lahan yang luas, yang memberikan efek kepada masyarakat apalagi mengganggu penerbangan, maka akan kita berikan sanksi tegas, terlebih jika perusahaan yang melakukannya,” pungkas Kapolres. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00