Atasi Potensi Kebakaran Dengan Kanal Karet

Oleh: Edwinsyah

Sosial  KAMIS, 27 JUNI 2019 , 18:35:00 WIB

Atasi Potensi Kebakaran Dengan Kanal Karet

net

RMOLSumsel. Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia berkunjung melihat inovasi canal blocking di lahan gambut Sumsel. Kanal sendiri berbasis bahan komposit karet yang dikembangkan oleh pusat penelitian karet. Hal tersebut guna mengantisipasi bahaya kebakaran yang kerap mengancam kawasan gambut.

Hal tersebut diungkapkan Deputi IV Riset dan Pengembangan BRG Dr. Haris Gunawan usai melihat demplot canal blocking berbasis komposit karet di desa patra tani kecamatan Belida Kabupaten Muara Enim, kemarin (27/6).

"Sumsel ini memiliki lahan gambut yang ketiga terbesar se Indonesia," ujar Haris

Untuk itu kawasan gambut berpotensi terjadinya kebakaran sehingga harus ada cara mengatasinya, untuk itu perlu cara solutif jangka panjang. "Kanal itu berbasis karet yang dikembangkan pusat penelitian karet sehingga lebih efektif saat musim kemarau," bebernya.

Dikatakan efektif karena berdasarkan penelitian dibandingkan tanpa canal, sebesar 40 cm muka air tetap terjaga. "Artinya dengan canal blocking berbasis karet mampu menjaga level muka air saat kemarau," ulasnya.

Dia mengharapkan, kegiatan pengembangan terkait restorasi gambut harus terus dilakukan dan tidak bersifat sementara. "Dan tujuan serta kerja untuk merestorasi gambut juga menjadi tanggungjawab dan bagian berbagai pihak sebagai pekerjaan rumah bersama," tuturnya. [sri]



Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

KSAD Brasil Kunjungi  TNI Indonesia

KSAD Brasil Kunjungi TNI Indonesia

SABTU, 27 JULI 2019 , 11:57:00