Lampung Masuk Nominasi Ibukota Negara

Sosial  KAMIS, 27 JUNI 2019 , 10:10:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Lampung Masuk Nominasi Ibukota Negara
RMOLSumsel. Lampung masuk nominasi calon ibukota pemerintahan RI. Bappenas memasukkan Provinsi Lampung sebagai salah satu dari empat calon lokasi pusat pemerintahan baru.

Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) memasukkan Provinsi Lampung terungkap pada "Dialog Nasional Kerangka Analisis Pemilihan Lokasi Ibukota Negara" yang dihelat di Jakarta, Rabu (26/6).

Ada tiga provinsi yang masuk penjaringan Bappenas sebagai calon ibukota negara, yakni Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Lampung satu-satunya provinsi yang masuk nominasi dari Pulau Sumatera.
Sebelumnya, provinsi ini tak masuk radar pembahasan.

Namun, berkat upaya semua elemen dan tokoh masyarakat Lampung yang diinisiasi Tim Panja DKI Lampung yang dipimpin Dr. Andi Desfiandi, Lampung akhirnya masuk kriteria Bappenas.

"Anugerah dari Allah SWT atas perjuangan yang sudah dilakukan bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan bagi seluruh masyarakat Lampung," ujar Andi Desfiandi kepada RMOLLampung usai dialog tersebut.

Dari sembilan kriteria yang dilansir Bappenas, Lampung paling siap menjadi ibukota RI, yakni aman dari cicin api, ada akses pelabuhan, ketersediaan air bersih, pembiayaan infrastruktur rendah, dominasi lahan milik pemerintah, dekat dengan ibukota yang sudah berkembang, budayanya terbuka terhadap pendatang, serta memiliki parameter hankam.

Bahkan, kelebihan Lampung lainnya, semua elemen dan tokoh masyarakat yang ada di Lampung maupun Jakarta, sampai pusat kekuasaan, semuanya menyatakan dukungan konkritnya lewat tanda tangan.

Menurut Andi Desfiandi, masuknya Lampung sebagai calon ibukota negara semakin motivasi Tim Panja DKI Lampung untuk bekerja lebih keras lagi agar keinginan menjadikan Lampung sebagai pusat pemerintahan RI terwujud.

"Kabar baik ini akan menambah semangat kami untuk terus berjuang mewujudkan Lampung bagian timur untuk menjadi Ibu Kota RI, demi kemajuan dan kemaslahatan Lampung dan NKRI tercinta," katanya.

Andi Desfiandi menambahkan, penentuan lokasi ibu kota negara harus dilakukan secara objektif dan rasional, dengan mempertimbangkan seluruh aspek untuk mewujudkan ibu kota negara yang paling ideal bagi bangsa dan negara RI.

"Mari kita songsong ibu kota negara masa depan dengan konsep smart, green and beautiful dan berjuang bersama dalam mewujudkannya," ujarnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo, Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, serta seluruh pihak yang selama ini terus mendukung perjuangan Lampung menjadi ibukota RI. dilansir RMOLLampung. [ogi]


Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00