Puskesmas Diminta Berinovasi dalam Pelayanan Kesehatan

Sosial  KAMIS, 27 JUNI 2019 , 09:34:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Puskesmas Diminta Berinovasi dalam Pelayanan Kesehatan
RMOLSumsel. Sejak program jaminan kesehatan yakni BPJS diterapkan di Indonesia, masih banyak masyarakat di provinsi Sumsel yang belum terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan tersebut. Di Palembang saja, BPJS kesehatan kota mencatat ada sekitar 200 ribu masyarakat yang menjadi target sebagai peserta.

Menanggapi hal ini, DPRD Sumsel meminta agar seluruh pihak penyelenggara kesehatan terendah di masyarakat yakni Puskemas yang ada di Sumsel untuk aktif ke masyarakat. Pihak Puskesmas harus bisa lakukan pendataan langsung di masyarakat mendata warga yang belum ikut program jaminan kesehatan BPJS ini.

"Ini perlu kerja keras dari pihak Puskesmas. Pekerjaan ini memang sedikit berat tapi sangat bermanfaat. Dengan program inovasi jemput bola ini maka kita yakin tidak ada masyarakat yang tidak mengikuti program BPJS. Ini sudah dilakukan di Kabupaten Ogan Ilir khususnya Puskesmas Pegayut Kab. Ogan Ilir," ujar anggota DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Fadli usai meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan (rujukan) kepada masyarakat di Puskesmas Pegayut kabupaten Ogan Ilir.

Karena inovasi yang dilakukan Puskesmas Pegayut ini pun, dikatakan sekretaris komisi V DPRD Sumsel ini, pihaknya memberikan apresiasi kepada Puskesmas Pegayut ini karena memiliki inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pihak Puskesmas dengan cara mendatangi langsung masyarakat yang belum terdata dalam layanan BPJS.

"Mereka langsung jemput bola ke masyakarat yang belum mempunyai kartu kesehatan BPJS. Karena inisiatif ini, pihak Puskesmas Pegayut ini mendapatkan penghargaan secara Nasional dengan program yang mereka lakukan yakni program inovasi JK RASA.

Ia berharap, semua Puskesmas yang ada di Sumsel bisa berperan aktif menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Selain bisa mensosialisasikan program pemerintah, pihak Puskesmas pun bisa jadi lebih dekat dengan masyarakat.

"Kalau semua Puskesmas di Sumsel bisa lakukan jemput bola seperti yang dilakukan Puskesmas Pegayut, akan banyak keuntungan yang di dapat. Pertama, bisa mensosialisasikan program pemerintah khususnya BPJS dan kedua bisa lebih dekat dengan masyarakat. Jadi masyarakat pun akan terus memanfaatkan fasilitas yang ada di Puskesmas, keberadaan Puskesmas sangat membantu untuk kesehatan masyarakat disekitarnya," pungkas Syaiful. [yip]


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00