Harnojoyo Tidak Main-Main Lanjutkan Restorasi Sungai Sekanak

Politik  RABU, 26 JUNI 2019 , 22:50:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Harnojoyo Tidak Main-Main Lanjutkan Restorasi Sungai Sekanak

Harnojoyo/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Walikota Palembang Harnojoyo tidak main-main dengan rencana restorasi Sungai Sekanak yang selama ini digadangkan. Dimana, pria yang pernah menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang ini, akan melibatkan pihak ketiga dalam mewujudkan rencanannya tersebut.

"Tahun 2020 ini kami pastikan pengerjaan fisik lanjutan restorasi sungai Sekanak dilaksanakan. Tadi kami sudah mendengar paparan konsultan khusus yang ditunjuk langsung dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII," sampainya.

Berbeda dengan pengerjaan awal, kali ini pihaknya benar-benar mematangkan rencana pengerjaan fisik restorasi, dimana setelah pemaparan hari ini, Pemkot Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) bisa langsung melanjutkan ketahapan berikutnya, yakni persiapan pembuatan Detail Enginering Design (DED) maupun Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

"Dari pemaparan oleh Konsultan Ramaditindo Perkasa, yang dipaparkan langsung oleh team leadernya, Nyimas Septi Rika Putri, Sungai Sekanak Lambidaro sangat layak untuk dilakukan restorasi," sampainya.

Lebih lanjut disampaikan Harnojoyo, untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, dirinya akan melibatkan pihak ketiga, untukndapat membantu, termasuk dari pemerintah pusat dan provinsi.

"Saat ini kita sedang hitung-hitung besaran anggarannya. Nanti saat proses DED baru kita bisa mengetahui nilai anggarannya," ulasnya.

Harnojoyo mengatakan, selain dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang, alan ada bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel, Kementrian termasuk dari organisasi luar yang akan memberikan bantuan hibah untuk penataan dengan total 20 juta USD.

"Kemarin Pak Gub sudah menyatakan siap membantu termasuk dari Pemerintah Pusat. Kita juga akam ada bantuan dari Asian Development Bank (ADB)," terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PU PR Kota Palembang, Ahmad Bastari menjelaskan, berdasarkan study kelayakan yang baru saja dipaparkan, ada beberapa rekomendasi yang dikeluarkan.

Diantaranya peninggian jembatan, ada 17 titik jembatan roda empat yang harus ditinggikan, termasuk jembatan di jalan Sudirman.

"Ada 17 titik jembatan roda empat lalu ada 23 titik jembatan roda dua yang juga harus ditinggikan, karena sungai ini akan dijadikan alat transportasi agar kapal-kapal bisa lewat," terangnya.

Selain itu, lanjut Bastari, akan ada penambahan satu kolam retensi di sungai Lambidaro dan penataan sungai di kawasan tersebut.

"Tepatnya di kawasan Poligon, lahan seluas 5 hektare akan kita jadikan kolam retensi," tandasnya.[sri]












Komentar Pembaca
Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00