Bawaslu OKU Perketat Pengawasan

Politik  RABU, 26 JUNI 2019 , 22:30:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Bawaslu OKU Perketat Pengawasan
RMOLSumsel. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dijadwalkan dilaksanakan September 2020 mendatang.

Menyikapi hal ini, Bawaslu Kabupaten OKU memperketat pengawasan dan memaksimalkan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM).

Mulai dari tingkat Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan, Panwas Kelurahan/Desa sampai ke tingkat Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS),” ucap Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya SP melalui Anggota Bawaslu OKU Koordinator Divisi Pengawasan, Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal.

Diungkapkan Yeyen, saat ini dirinya tengah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pengawasan Pemilu tahun 2019 Gelombang II di Belitung, Rabu (26/6). Rakor ini membahas megenai penulisan laporan akhir pengawasan.

"Tujuannya mengkodifikasi kegiatan pengawasan seluruh proses pengawasan, tahapan Pemilu 2019,” ujar Yeyen.

Hal ini, lanjut Yeyen, menjadi bahan evaluasi kegiatan pengawasan Pemilu 2019. Sehingga menjadi perbaikan kegiatan pengawasan Pemilu " pemilu ke depan.

Hal ini juga sudah diatur dalam Perbawaslu RI No 21 Tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggara Pemilu,” imbuhnya.

Dijelaskan Yeyen, banyak yang diatur dalam Perbawaslu tersebut. Antara lain seperti tertuang dalam Pasal 11, pengawasan penyelenggaraan Pemilu dilaporkan kepada Bawaslu secara berjenjang sesuai tingkatan. Mulai dari laporan periodik, tahapan hingga laporan akhir.

"Dalam pasal 12 juga diterangkan, dalam rangka mengoptimalkan pengawasan penyelenggara pemilu, Bawaslu, Bawaslu Propinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dapat melakukan perjajian kerjasama dengan lembaga terkait,” urai Yeyen.

Yang dimaksud dapat melakukan perjanjian kerjasama dengan lembaga terkait dilaksanakan dengan prinsip kemandirian, keterbukaan, keadilan, efisien dan efektif sesuai dengan ketentuan Perbawaslu mengenai pedoman kerjasama pengawasan Pemilu.

"Bahkan dalam pasal 13 juga diatur koordinasi dengan instansi / lembaga terkait dan atau kerjasama dengan kelompok masyarakat. Ini yang akan kita perkuat lagi ke depanya,” jelasnya.

Terkait masa kerja Pangawas Pemilu di tingkat kecamatan (Panwascam) di OKU segera habis masa tugas, apakah akan dilakukan pengrekrutan ulang atau evaluasi, Yeyen menjelaskan hal itu belum tahu. Pihaknya masih menunggu petunjuk.

Pastinya kita masih menunggu arahan dari Ketua Bawaslu OKU dan menunggu petunjuk Pimpinan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI,” pungkas Yeyen.[sri]









Komentar Pembaca
Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00