Nasib Petani Kopi, Musim Panen Harganya Turun

Daerah  SELASA, 25 JUNI 2019 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Nasib Petani Kopi, Musim Panen Harganya Turun

NET

RMOLSumsel. Berkebun kopi menjadi salah satu mata pencaharian andalan masyarakat Kabupaten Lahat, dan umumnya petani kopi jenis robusta. Lahan perkebunan kopi ini tersebar di hampir setiap kecamatan.

 

Namun nasib petani kopi di Lahat belum sepenuhnya membaik, karena pada saat panen kopi justru harganya turun. Seperti halnya pada musim panen kopi tahun ini,  harga kopi yang sebelumnya berkisar antara Rp20 ribu sampai  Rp25 ribu per kilogram, memasuki musim panen harga kopi turun menjadi Rp17 ribu hingga Rp19 ribu per kilogram.

 

Diperkirakan pada puncak musim panen, harga kopi bisa saja turun lagi, sebab biasanya jika barang melimpah harga menjadi turun.

 

Berangsur turunnya harga kopi ini, disayangkan para petani kopi di Lahat, apalagi kebutuhan meningkat saat ini mendekati anak masuk sekolah tahun ajaran baru, banyak kerabat atau tetangga yang menggelar hajatan, serta kebutuhan menjelang lebaran lalu.

 

Sehingga kebanyakan petani kopi tidak sempat menyimpan lagi hasil panen kopi menunggu harga naik, tetapi langsung menjualnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keperluan lainnya.

 

"Juga karena kebutuhan lebaran, sedekahan, dan musim masuk anak sekolah yang nyaris berbarengan," unkap Agus, seorang warga.

 

Hidayat, petani kopi lainnya mengungkapkan,  biasanya petani bisa menyimpan kopi hasil panen, apabila tidak ada kebutuhan mendesak. Kalau untuk kebutuhan makan sehari - hari, bisa dengan mencari ikan di sungai, selain untuk dikonsumsi  juga bisa untuk dijual. Sehingga tidak semua kopi hasil panen dijual dan bisa disimpan sementara hingga harga membaik atau jika ada kebutuhan lain. [irm]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00