YLKI Menilai Carut Marut Tata Kelola Parkir Hilangkan Potensi PAD

Ekonomi  SENIN, 24 JUNI 2019 , 20:59:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

RMOLSumsel. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, Sanderson Syafe'i menilai pengelolaan parkir terutama di kawasan Pasar Lahat masih carut marut. Lokasi parkir yang semerawut dinilai berdampak kepada masyarakat sebagai pengguna lahan parkir dan kontribusi terhadap pendapat asli daerah (PAD) belum  signifikan.

Akibat belum tertata rapi, sehingga tak diketahui mana jalur yang dipungut retribusi parkir dan mana jalur yang tidak dipungut retribusi parkir.

Lahat itu parkirnya semerawut, tidak bisa mengoptimalkan perparkiran padahal PAD dari sisi itu sangat besar, setiap waktu pertambahan kendaraan," kata Sanderson Syafe'i.

Tak hanya itu, kata dia, biaya pungutan parkir di Lahat tidak standar, tidak memiliki karcis, blanko parkir tidak dipunyai, bahkan ketika pelanggan meminta kembalian terkadang ada yang tidak diberikan sebagaimana mestinya.
”Jujur PAD dari parkir itu minim dan tidak optimal, ini hasil investigasi YLKI Lahat di lapangan,” ucapnya.

Sanderson menerangkan, saat ini memang pihaknya belum berkoordinasi dengan instansi terkait Pemerintah Kabupaten Lahat, tetapi saat ini pihaknya sedang melakukan komprehensif terkait permasalahan tersebut.

Menurut Sanderson, carut marutnya pengelolaan parkir itu ditambah pula praktik di lapangan. Juru parkir (jukir) tidak memiliki identitas dan banyak tidak berseragam serta pengelolaan parkirnya pun tidak memiliki satuan operasional prosedur (SOP).

”Kami sarankan Kabupaten Lahat harus punya SOP, kalau perlu jukir disekolahi dan didiklat, berseragam dan bilamana pengelolaan jukir dilakukan pihak ketiga maka harus diberikan sanksi tegas tidak boleh dibiarkan senakanya saja,” tutur Sanderson.

Lebih lanjut, Sanderson, kinerja teknis tidak bisa mengimplemetasikan instruksi Bupati dengan baik. Maka itu kedepan pemkab harus lebih serius untuk pengelolaan perparkiran.[sri]

 

Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00