Apakah Tubuh Sudah Cukup Serat ?

Kesehatan  SABTU, 22 JUNI 2019 , 23:38:00 WIB

Apakah Tubuh Sudah Cukup Serat ?

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Serat adalah salah satu nutrisi yang perlu dicukupi oleh setiap manusia. Asupannya bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Bila Anda tidak cukup makan serat, metabolisme tubuh akan terganggu, termasuk timbulnya masalah pencernaan.

Anda membutuhkan serat untuk berbagai alasan. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, serat sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, karena dapat memperlancar buang air besar.

"Serat juga menguntungkan bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan ataupun menjaga agar berat badan tetap ideal," ujar dr. Karin.

Terkait hal di atas, serat juga dapat memperlambat pengosongan lambung, sehingga membantu kenyang lebih lama. Dengan demikian, akhirnya Anda tidak tergoda untuk mengambil camilan atau mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Namun, sering kali Anda tidak tahu apakah sudah cukup serat atau belum. Anda mungkin juga tidak paham bagaimana mengukur kecukupan serat Anda. Jadi sebaiknya, ketahuilah tanda-tanda tubuh membutuhkan asupan serat.

Tanda Anda membutuhkan serat lebih banyak

Kebutuhan serat pada masing-masing kategori usia bisa berbeda-beda. Dijelaskan oleh dr. Karin, orang dewasa harus mengonsumsi serat setiap harinya sebanyak 25-30 gram. Jumlah tersebut sebaiknya didapatkan dari makanan, bukan dari suplemen.

Hanya saja, konsumsi serat bagi kebanyakan orang masih sangat rendah, termasuk di Indonesia. Sehingga, Anda perlu meningkatkan asupan serat harian jika masih di bawah standar yang disebutkan di atas.

Hanya saja, mengecek kebutuhan serat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meski begitu, Anda bisa tahu bahwa cukup serat atau tidak lewat beberapa tanda di bawah ini:

1. Sembelit 

Salah satu cara untuk mengukur apakah Anda cukup serat atau tidak, bisa dilihat dari sembelit atau tidak. Jika Anda sudah lama tidak buang air besar (BAB), tandanya asupan serat Anda mungkin terlalu rendah.

Untuk itu, makanlah lebih banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya serat seperti brokoli, bayam, jeruk, pir, dan beri (yang semuanya juga memiliki kandungan air yang tinggi). Lalu mengonsumsi air yang cukup adalah kunci untuk menjaga pencernaan Anda tetap berfungsi dengan baik.

2. Selalu merasa lapar 

Makanan rendah serat memuaskan jiwa, tetapi sebenarnya tidak begitu efektif untuk membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Mengonsumsi serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat yang diproses dengan cepat.

Dengan merasa kenyang setelah makan, Anda pun menjadi termotivasi untuk mengatur porsi makan dan keinginan Anda untuk makan lebih banyak. Pada akhirnya, hal ini juga membantu Anda tetap memiliki berat badan yang ideal.

Demikianlah tanda bahwa Anda butuh lebih banyak serat setiap harinya. Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan kebaikan ketika mengonsumsi cukup serat. Tapi ingat, segala sesuatu yang berlebihan juga bisa merugikan kesehatan.  Karena terlalu banyak makan serat, bisa berakibat timbulnya beragam gangguan pencernaan seperti kembung, konstipasi, diare, dan kram perut. [irm]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00