Calon Pimpinan KPK Dari Polri Harus Penuhi Syarat Berikut

Politik  JUM'AT, 21 JUNI 2019 , 11:20:00 WIB

Calon Pimpinan KPK Dari Polri Harus Penuhi Syarat Berikut
RMOLSumsel. Mabes Polri diingatkan agar lebih selektif dalam mengusulkan nama-nama perwira tinggi (Pati) sebagai calon pimpinan KPK. Banyak pati yang memiliki kredibilitas, kapabilitas, humanis dan piawai dalam persoalan pemberantasan Korupsi.

Sekretaris Jenderal Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI 98) Ferry Supriyadi mengatakan, bukan rahasia lagi, diantara sembilan pati yang digodok Polri, ada yang pernah berurusan dengan KPK.

"Masa iya sekarang diusulkan jadi pimpinan KPK," ujar Ferry dengan tidak merinci siapa pati tersebut, Jumat (21/6).

"Praperadilan yang dimenangkan para jenderal itu mesti dievaluasi kembali, ini demi tegaknya hukum," tambahnya dalam keterangan tertulis.

Saat ditanya siapa yang paling pantas dan cocok dicalonkan sebagai pimpinan KPK dari Polri, Ferry mengatakan kepolisian tentunya punya data, bisa melihat sepak terjang dan track record para pati, mana yang pernah berurusan dengan hukum, mana yang tidak.

Tapi kalau boleh mengusulkan, Jari 98 mendorong Irjen Pol. (Purn) Anas Yusuf dan Irjen Pol. Ike Edwin karena dinilai sangat pantas dan layak untuk masuk daftar nama capim KPK.

Menurut Ferry, track record keduanya bagus dalam pemberantasan korupsi, Mabes Polri dan publik bisa cek.

"Makanya tadi saya sampaikan, kok orang-orang baik dan jelas kualitasnya malah dikebiri? Khususnya pak Anas Yusuf, beliau ini pernah loh dijanjikan jadi Wamen PU, tapi sampai saat ini tidak pernah diembannya hingga pensiun. Kan sayang jika orang-orang berkualitas malah disingkirkan hanya karena bisikan 'musang tua," pungkasnya.

Adapun sembilan Pati Polri yang telah menyetorkan identitas data ke Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) Polri sebagai bakal capim KPK, yakni: Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakaberskrim) Polri Irjen Antam Novambar; mantan Kapolrestabes Surabaya yang kini menjabat Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri Irjen Coki Manurung; Irjen Dharma Pongrekun yang ditugaskan di BSSN; Analisis Kebijakan Utama Polairud, Irjen Abdul Gofur; Brigjen Muhammad Iswandi yang ditugaskan di Kemenaker.

Kemudian, Karosunluhkum Divkum Polri Brigjen Agung Makbul; mantan Kapolda Sumaetra Barat yang kini menjabat Direktur Program Pascasarjana STIK Brigjen Bambang Sri Herwanto; Analis Kebijakan Lemdiklat Polri Brigjen Juansih; dan Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani. [sri]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00