Ini Alasan KPU Kenapa Cuma Hadirkan Satu Ahli

Politik  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 21:52:00 WIB

Ini Alasan KPU Kenapa Cuma Hadirkan Satu Ahli
RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya menghadirkan seorang ahli dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (20/6/2019).

Adapun ahli yang dihadirkan Prof Marsudi Wahyu Kisworo, pakar bidang IT dan juga arsitek IT di KPU.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya sengaja hanya menghadirkan seorang ahli dalam persidangan. Menurut dia, keterangan Kisworo sudah menjawab semua sangkaan dalil pemohon yakni pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

"KPU mencukupkan diri untuk menghadirkan bukti berupa keterangan ahli," kata Hasyim seperti diberitakan JPNN.

Hasyim beralasan, pemohon sidang sengketa Pilpres justru melakukan blunder ketika menghadirkan saksi dan ahli. Menurut dia, saksi dan ahli dari pemohon tidak memperkuat dalil permohonan.

"Bukti berupa saksi atau keterangan ahli ini kan yang relevan dengan apa yang dijawab oleh KPU. Dalam perkembangannya, kan orang-orang yang dihadirkan sebagai saksi oleh pemohon dalam pandangan KPU, kan tidak cukup meyakinkan untuk memperkuat argumentasi permohonan," ucap dia.

Bahkan, kata dia, keterangan saksi dan ahli pemohon hampir semua terbantahkan dalam persidangan. Misalnya ketika saksi pemohon bercerita tentang DPT bermasalah di sebuah daerah.

Setelah ditelusuri, kasus DPT bermasalah itu justru terjadi di daerah tempat pemohon memperoleh suara besar.

"Misalkan menyebut di daerah ini, DPT-nya ini, tetapi yang menang di situ kan pemohon. Jadi, kan enggak bisa membuktikan bahwa dengan ini lalu kemudian yang mengambil keuntungan pihak terkait atau 01 kan enggak, buktinya yang menang di si pemohon, di daerah yang mereka sebutkan itu, kan jelas itu tidak bisa memperkuat argumentasi mereka," pungkasnya. [yip]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00