Keterangan Saksi 02 Paksa Mendagri Angkat Bicara

Hukum  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 11:32:00 WIB

Keterangan Saksi 02 Paksa Mendagri Angkat Bicara
RMOLSumsel. Agus Maksum yang dihadirkan Tim Hukum Paslon 02 kemarin, mengaku ia menemukan sejuta e-KTP palsu digunakan untuk mencoblos. Tudingan Agus itu membuat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) buka suara, agar masyarakat tidak salah mengerti.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut tudingan Agus itu tidak mungkin terjadi. Pasalnya, data Kementerian yang diserahkan kepada KPU terus diperbaharui.

"Data kependudukan yang diserahkan Kemendagri, Dukcapil kepada KPU itu Desember 2017 yang di-update terus itu datanya clean and clear," ujar Tjahjo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Sementara mengenai penetapan daftar pemilih dalam pemilu, kata Tjahjo hal tersebut merupakan kewenangan KPU. Tapi, selalu dikoordinasikan dengan Kemendagri.

"Sehingga tidak ada satu orang sampai nyoblos dua kali di satu TPS, apalagi merangkap di dua TPS kan nggak akan mungkin," jelasnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOL.

Tjahjo menambahkan apabila kemudian ada tuduhan berkaitan kependudukan dan DPT pemilu, maka sudah saatnya diselesaikan secara hukum yang saat ini berlangsung sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

"Silakan nanti tim hukum KPU dan tim hukum timses yang akan mempertanggungjawabkan itu," pungkasnya.[ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00