Ini Wajah Tersangka Penembakan Pesawat Malaysia Airlines MH17 Di Ukraina

Ragam  RABU, 19 JUNI 2019 , 23:18:00 WIB

Ini Wajah Tersangka Penembakan Pesawat Malaysia Airlines MH17 Di Ukraina
RMOLSumsel. Untuk pertama kalinya sejak penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di Ukraina pada Juli 2014 lalu, jaksa mengumumkan dakwaan terhadap tersangka dalam kasus ini.

Sebanyak empat orang tersangka dinilai bertanggungjawab atas penembakan pesawat itu. Tiga di antaranya adalah warga negara Rusia dan satu lainnya adalah warga negara Ukraina.

Penembakan tersebut diketahui merenggut nyawa seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 298 orang. Penerbangan nahas itu terjadi saat pesawat tengah terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur.

Tim investigasi gabungan yang dipimpin Belanda (JIT) merilis identitas keempat tersangka itu. Mereka adalah Igor Girkin, Sergei Dubinsky dan Oleg Pulatov dari Rusia, serta Leonid Kharchenko dari Ukraina.

Keempat tersangka akan mulai diadili di Belanda pada 9 Maret 2020 mendatang.

Di antara keempat tersangka itu, yang paling menonjol adalah Igor Girkin atau dikenal sebagai Strelkov. Dia merupakan mantan kolonel di badan intelijen FSB Rusia. Dia diberi gelar menteri pertahanan di kota Donetsk, Ukraina timur yang dikuasai pemberontak.

Girkin adalah perwira militer tertinggi di daerah itu yang melakukan kontak langsung dengan Federasi Rusia.

Namun Girkin menolak tuduhan bahwa dia menembak jatuh pesawat tersebut. "Saya hanya bisa mengatakan bahwa milisi tidak ditembak jatuh Boeing," jelasnya, seperti dimuat BBC (Rabu, 19/6).

Sementara itu, tersangka lainnya adalah Sergei Dubinsky. Dia juga dikenal sebagai Khmury. Menurut jaksa penuntut, dia dipekerjakan oleh badan intelijen militer GRU Rusia dan seorang wakil dari Girkin.

Tersangka ketiga adalah Oleg Pulatov, yang dikenal juga sebagai Giurza. Menurut JIT, dia adalah mantan tentara pasukan khusus GRU dan wakil kepala dinas intelijen di Donetsk.

Sedangkan tersangka keempat yang merupakan warga negara Ukraina, Leonid Kharchenko, tidak memiliki latar belakang militer tetapi memimpin unit tempur sebagai komandan di Ukraina Timur.

"Para tersangka ini tampaknya telah memainkan peran penting dalam kematian 298 warga sipil tak berdosa," kata Kepala Kejaksaan Belanda Fred Westerbeke.

"Meskipun mereka tidak menekan tombolnya sendiri, kami mencurigai mereka melakukan kerja sama yang erat untuk mendapatkan (peluncur rudal) di tempat itu, dengan tujuan untuk menembak jatuh sebuah pesawat," tambahnya. [yip]


Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00