Gugatan Tim Advokasi PKS terhadap KPUD Sumsel Dikabulkan Bawaslu RI

Politik  SELASA, 18 JUNI 2019 , 13:40:00 WIB

Gugatan Tim Advokasi PKS terhadap KPUD Sumsel Dikabulkan Bawaslu RI

Bawaslu/net

RMOLSumsel. Bawaslu RI akhirnya memutuskan mengabulkan gugatan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang melaporkan KPU Sumsel dan KPU Empat Lawang.

Putusan Bawaslu RI dalam  dibacakan dalam sidang Bawaslu dengan No Register: 21/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019. Saat pembacaan putusan ini tidak dihadiri oleh terlapor yaitu KPU Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam pelanggaran pemilu Empat lawang KPU Sumsel  diperintahkan cocokan data DAA1 dan C1H.

Hal tersebut termaktub di dalam amar putusan Bawaslu RI terkait dengan laporan pelanggaran administrasi pemilu oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Selatan.

Tim advokasi DPP PKS, Aulia Rahman, menjelaskan dalam putusan tersebut KPU Provinsi Sumatera Selatan dan KPU Kabupaten Empat Lawang selaku Para terlapor dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran mekanisme penghitungan suara partai politik untuk pemilihan anggota DPR RI pada daerah pemilihan sumatera selatan 2 dimana pada saat penghitungan suara untuk kabupaten Empat Lawang, pihak PKS telah menyampaikan keberatan atas adanya penambahan perolehan suara Partai NASDEM dari Dokumen Model DA1 Kecamatan Pendopo, Tebing Tinggi, Muara Pinang dan Pendopo Barat.

Dilanjutkannya, menurut Bawaslu RI di dalam Putusannya KPU Provinsi Sumatera Selatan telah mengambil alih penghitungan suara yang semula dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Empat Lawang.

Dimana seketika penghitungan tersebut, saksi PKS meminta ditayangkan semua hasil penghitungan yang sebelumnya dilaksanakan oleh KPU Empat Lawang yang meliputi delapan kecamatan yang telah dihitung. Seketika melihat tayangan hasil penghitungan suara tersebut, saksi PKS menyatakan keberatan karena ada penambahan perolehan suara pada Partai Nasdem yang mana antara jumlah perolehan suara pada model DB1 lebih besar daripada perolehan suara di Model DA1 sejumlah

Terhadap putusan Bawaslu RI tersebut, Tim advokasi DPP PKS mengaku senang dan berharap hasil putusan Bawaslu RI ini dapat bermanfaat untuk pembuktian di MK.


"Kita sangat senang dengan putusan ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk pembuktian kita di Mahkamah konstitusi. Kita juga akan minta KPU Provinsi untuk segera menjalankan putusan bawaslu ini," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, mengaku tidak rekomendasi Bawaslu Provinsi pada saat rekap tingkat provinsi.

"Yang ada keberatan pihak PKS untuk melakukan penyandingan DA1 di provinsi yang tidak mungkin kami lakukan," katanya.

Kelly mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU RI terhadap putusan Bawaslu RI tersebut. [sri]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00