OS Hongmeng Unggul Jauh atas Android

Ekonomi  MINGGU, 16 JUNI 2019 , 22:43:00 WIB

OS Hongmeng Unggul Jauh atas Android
RMOLSumsel. Diboikot Google membuat Huawei makin unjuk ketangguhan. Tak diizinkan menggunakan Operation System (OS) Android, Huawei tak kelimpungan. Raja telekomunikasi asal China ini justru meluncurkan Ark OS yang diberinama OS HongMeng.

Diberitakan JPNN, Minggu (16/6), Huawei resmi akan menggunakan OS HongMeng untuk jajaran smartphone barunya.  OS HongMeng diklaim lebih cepat dibanding Andorid sebagaimana telah dibuktikan Huawei dyang telah menjalani kerja sama dengan partner domestik untuk menguji coba sistem terbaru itu.

Setidaknta, nama-nama seperti Oppo, Vivo, Xiaomi dan bahkan Tencent sudah menjajal Ark OS milik Huawei. Gizmochina, Minggu (16/6), melaporkan Tencent membuat sebuah tim bersama dengan pegawai Huawei untuk menjajal OS baru Huawei tersebut. Huawei seperti Oppo dan Vivo juga dilaporkan sudah mengirimkan tim untuk mendapatkan kecepatan serupa.

Bahkan setelah diuji coba rupayanya Ark OS HongMeng diklaim lebih cepat 60 persen dibanding Andorid milik Google.

Huawei belum mengungkapkan kapan pastinya OS baru akan dirilis di pasar Global. Setidaknya, sistem tersebut bisa menjadi solusi Huawei untuk bisa membangkitkan lagi setelah terkena dampak perang perdagangan Amerika Serikat.

Kabarnya, sistem OS HongMeng juga akan hadir diperangkat perdana Huawei yakni P40. Kendati demikian, belum diketahui kapan perangkat itu akan diluncurkan.

Kepala Strategi Huawei, Shao Yang juga masih bungkam mengenai kapan Ark OS akan diperkenalkan untuk pertama kalinya. "Kami belum bisa memastikan kapan perangkat baru kami akan diluncurkan," katanya.

Diketahui, Huawei telah mengirimkan sekitar 1 juta smartphone dengan Ark OS untuk keperluan uji coba. Sayangnya tidak diketahui apakah pengiriman tersebut ditujukan bagi divisi pengembangan atau langsung ke pasar.

OS ini diklaim kompatibel dengan semua aplikasi Android dengan peningkatan fungsi keamanan untuk melindungi data personal penggunanya.

Berkenaan dengan itu, Huawei juga merayu banyak pengembang untuk membantu mengisi toko aplikasi miliknya. Melalui email yang dikirimkan kepada para pengembang, Huawei menjanjikan dukungan penuh bagi para pengembang aplikasi tersebut.

Secara jumlah, toko aplikasi Huawei sejatinya ada pada setiap smartphone Huawei. Bahkan perusahaan China ini mengklaim memiliki 270 pengguna aktif toko aplikasi tersebut. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00