Izin Berobat Setnov akan Diperketat

Hukum  SABTU, 15 JUNI 2019 , 15:15:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Izin Berobat Setnov akan Diperketat
RMOLSumsel. Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) kini sudah dipindah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Gunung Sindur, Jawa Barat. Beda dengan di Lapas Sukamiskin, di Gunung Sindur Setnov bakal menghadapi penjagaan ketat.

Tak hanya penjagaan, pemberian izin berobat pun bagi Setnov akan sangat diperketat. Pengetatan ini dilakukan setelah Setnov kedapatan sedang pelesiran ke sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kabar bahwa Setnov kedapatan pelesiran sehingga kemudian dipindahkan dikonfirmasi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Liberti Sitinjak.

"Ini murni peristiwa hari ini yang mendasari saya mengambil keputusan malam ini juga. Ini tindakan yang harus saya lakukan sebelum saya melaporkan kepada Pak Menteri," kata Liberti seperti dikutip dari Kantor Berita BBC News Indonesia pagi ini, Sabtu (15/6).

"Atas nama Kemenkum HAM, saya mohon maaf kepada publik, bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," tambah Liberti.

Kabar pelesiran ini berawal dari beredarnya foto Setnov di sebuah toko bangunan yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Foto itu tersebar di kalangan wartawan Kota Bandung sejak Jumat (14/6) kemarin.

Dalam foto tersebut, Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek, memakai topi hitam, dan masker yang menutupi wajah. Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar, Liberti Sitinjak. mengatakan setnov memang berada di luar Lapas Sukamiskin sejak 12 Juni lalu. Menurutnya, terpidana kasus korupsi e-KTP itu menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa Bandung akibat sakit jantung koroner dan nyeri bahu.

"Saya selaku Kakanwil sudah saya kunjungi ke rumah sakit, saat itu dan benar di sana dia sedang dilakukan infus," kata Liberti, Sabtu (15/6).

Ditambahkannya, Novanto seharusnya kembali ke Lapas Sukamiskin pada Jumat (14/6).

Di Lapas Gunung Sindur, menurut Liberti, pengamanan terhadap Setnov bakal diperketat. Dia tak akan bebas keluar-masuk selnya saat di Gunung Sindur, izin berobat pun akan jauh lebih sulit didapat.

"Nanti kalau di Gunung Sindur pengamanannya sangat-sangat super ketat, tidak seperti di sini. Karena dia di sana itu kan sudah masuk lapas super maksimum. Di sana izin berobat juga ketat," kata Liberti.

   
Setnov bukan kali ini saja berada dalam sorotan selama ditahan di Lapas Sukamiskin. Tahun lalu, Ombudsman RI menemukan sel Setnov lebih luas dan lebih mewah dibanding sel-sel untuk napi lainnya. Bahkan, didapati kloset duduk di dalam sel mantan ketua DPR itu.

Beragam temuan Ombudsman RI ini mengemuka setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wahid Husein yang saat itu menjabat sebagai kepala Lapas Sukamiskin karena diduga menerima suap.

Penangkapan Wahid Husein disusul oleh inspeksi mendadak Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami.

Berbagai barang seperti kulkas dua pintu, televisi, speaker, kompor gas, tabung elpiji, microwave, mesin pemanas/pendingin air, alat-alat masak, hingga uang tunai berjumlah Rp102 juta ditemukan dalam sidak tersebut. [ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00